Sekda Ringkuangan : Tomohon Harus Berkembang Jadi Kota Layak Anak Utama

Sekda Ringkuangan : Tomohon Harus Berkembang Jadi Kota Layak Anak Utama

Tomohon, Multiverum.com – Sekretaris Daerah Kota Tomohon, Jemmy Ringkuangan AP MSi menerangkan, Kota Tomohon telah memperoleh penghargaan Kota Layak Anak Tingkat Pratama pada tahun 2018, 2019. Untuk itu target kita kedepan Tomohon harus berkembang sampai menjadi Kota Layak Anak Utama.

“Ada 24 indikator KLA yang didasarkan pada substansi hak-hak anak yang dikelompokkan kedalam lima kluster pemenuhan hak-hak anak, yaitu mempunyai kelembagaan hak sipil dan kebebasan, lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, kesehatan dasar dan kesejahteraan, pendidikan pemanfaatan waktu luang dan kegiatan seni budaya, serta perlindungan khusus,” tegas Ringkuangan dalam Pertemuan koordinasi gugus tugas KLA (Kota Layak Anak) Kota Tomohon, yang dilaksanakan di ruang pertemuan lantai tiga Mall Pelayanan Publik Wale Kabasaran Kota Tomohon, Selasa (16/03/2021).

Diharapkannya, indikator-indikator KLA tersebut tidak berhenti menjadi sederet check-list evaluasi KLA, tetapi dapat menjadi acuan bagi Kota Tomohon dalam memenuhi hak-hak anak melalui pengembangan KLA yang terintegrasi, dan berkelanjutan.

“Poin terpenting dari proses pengembangan KLA, yaitu koordinasi di antara para stakeholder pemenuhan hak-hak anak yang dilakukan secara berkelanjutan. Oleh karena itu, penguatan koordinasi para stakeholders penting, agar terus ditingkatkan dan tetap melakukan koordinasi secara rutin.
Anak adalah investasi kita di masa yang akan datang, maka menjadi kewajiban bersama untuk menjadikannya lebih berkualitas dan menjadi modal pembangunan,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Daerah Kota Tomohon, dr John Lumopa menjelaskan, pengembangan Kota Layak Anak dimaksudkan untuk membangun inisiasi Pemerintah Daerah, yang mengarah pada upaya transformasi konvensi hak anak (convention on the rights of the child) dari kerangka hukum ke dalam kebijakan, program dan kegiatan pembangunan yang ditujukan untuk pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak pada suatu wilayah.

Narasumber dalam kegiatan ketua Gugus Tugas KLA Drs Daniel Pontonuwu, juga sebagai Kepala Bapelitbang Daerah Kota Tomohon.
Peserta kegiatan, para Kepala Dinas Badan dan Satuan terkait bersama jajaran, unsur Kecamatan dan Puskesmas, Forum Anak Daerah, Radio di Kota Tomohon, unsur Bank Sulutgo dan unsur Rumah sakit di Kota Tomohon.(nox)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *