Wakil Walikota Minta HKTI Harus Mampu Emban Amanah Untuk Kesejahteraan Petani

Wakil Walikota Minta HKTI Harus Mampu Emban Amanah Untuk Kesejahteraan Petani

Tomohon, Multiverum.com – Wakil Walikota Tomohon, Wenny Lumentut SE meminta kepada pengurus Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Tomohon periode 2021 – 2026, harus mampu mengemban amanah dalam mengelola kelompok tani demi kesejahteraan para petani yang ada di Kota Tomohon.

Hal ini ditegaskannya saat menghadiri Pelantikan Ketua HKTI Tomohon, Jefri Polii beserta para pengurus, oleh Ketua HKTI Sulut, Syerly Adelyn Sompotan, bertempat di Tuur Maasering, Jumat (26/03-2021), lewat Musda dan Pelantikan Dewan Pengurus Cabang HKTI Kota Tomohon.

Dalam sambutannya, Wakil Walikota juga mengucapkan selamat atas pelantikan dan berharap kepengurusan ini dapat mendata seluruh petani yang tidak masuk dalam kelompok tani, dimana keluhan mereka adalah susah mendapatkan pupuk dan sebagainya.

“Pemkot Tomohon akan memecahkan masalah tersebut dengan bersinergi dengan Pemerintah Provinsi, untuk menambah depot dan juga terkait pupuk bersubsidi,” tegasnya.

Beliau juga mengatakan, Pertanian di Indonesia dan di Kota Tomohon tetap menjadi primadona dan sebagai tulang punggung perekonomian nasional maupun daerah.

“Oleh karena itu, pembangunan pertanian selalu menjadi prioritas, termasuk menetapkan pertanian sebagai salah satu sektor unggulan yang mendukung perdagangan dan industri, serta kepariwisataan di dalam daerah maupun di luar daerah,” tutur Wenny.

Lanjutnya, daerah juga akan dapat bantuan dari pemerintah provinsi untuk revitalisasi pasar, dan ini diharapkan bisa memberikan ruang sebesar-besarnya kepada petani Kota Tomohon, untuk dapat lebih memaksimalkan hasil pertanian.

“Ini dibutuhkan karena Kota Tomohon merupakan sentra pasar dimana banyak masyarakat dari luar Tomohon yang datang berbelanja di pasar Wilken. Dan juga kepada para pengurus kiranya ada yang diperlukan, silahkan konsultasi dengan Pemerintah karena organisasi ini yang akan memotori perkembangan petani dan perekonomian,” janjinya.

Sementara itu, Ketua HKTI Provinsi Sulut, Syerly Adelyn Sompotan mengharapkan Pengurus HKTI Kota Tomohon senantiasa bekerja dengan sebaik-baiknya, dan tetap membangun sinergitas dengan pemerintah dan pihak terkait lainnya bagi kesejahteraan para petani dan untuk ketahanan pangan di Kota Tomohon.

Kegiatan ini dihadiri jajaran Pemerintah Kota Tomohon, para pengurus HKTI Provinsi Sulawesi Utara dan Kota Tomohon serta hadirin undangan.(nox)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *