Pimpin Apel Gelar Pasukan “Operasi Ketupat”, Sekda JR : Pemerintah Dukung Pengamanan Kelancaran Idul Fitri

Pimpin Apel Gelar Pasukan “Operasi Ketupat”, Sekda JR : Pemerintah Dukung Pengamanan Kelancaran Idul Fitri

Tomohon, Multiverum.com – Sekretaris Daerah Kota Tomohon, Jemmy Ringkuangan (JR) memimpin Gelar pasukan operasi “Ketupat” Samrat 2021, yang dilaksanakan di Polres Tomohon, pada Rabu (05/06-2021) sekitar jam 09.00 wita.

Dalam kegiatan tersebut, Ringkuangan saat membacakan pidato Kapolri RI menerangkan, operasi Ketupat 2021 akan dilaksanakan selama 12 hari, yakni sejak 6 s/d 17 mei 202, dengan mengedepankan kegiatan pencegahan, didukung deteksi dini dan penegakan hukum dalam rangka pengamanan hari raya Idul Fitri 1442 H.

“Dalam pengamanan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran covid 19 sehingga masyarakat dapat merayakan Idul Fitri dengan rasa aman dan nyaman. Pelaksanaan Operasi ini akan melibatkan unsur Polri, TNI, Polisi Pamong Praja, Dinas Perhungan, Dinas Kesehatan, Pramuka, Jasa Raharja dan lain-lain,” ungkap JR.

Melalui kesiapan rencana Operasi Ketupat 2021, diharapkan dapat diimplementasikan dalam pelaksanaannya untuk memberikan jaminan keamanan dan pelayanan terbaik bagi masyarakat, sehingga dapat menjalankan ibadah puasa ramadhan dan hari raya Idul Fitri dengan aman, nyaman tertib dan lancar ditengah suasana pandemi covid 19.

“Pemerintah kota bersama pihak TNI tentu akan memback-up kelancaran pengamanan ini, untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi warga muslim yang akan merayakan hati Idul Fitri,” tegasnya.

Sementara itu, Kapolres Tomohon, AKBP Bambang A Gatot SIK MH menjelaskan, menindak lanjuti perintah Kapolri, akan ada tim yang akan melaksanakan deteksi dini, terkait potensi gangguan yang dapat mengganggu situasi kamtibmas, dengan melibatkan satuan intelkam dan bhabinkamtibmas. Di samping itu juga, tim ini akan memonitor perkembangan pangan menjelang pelaksanaan idul fitri terkait ketersediaan sembako dan harga di pasaran.

“Koordinasi dengan satgas Covid – 19 Kota Tomohon, untuk mengawasi kegiatan masyarakat dalam rangka mencegah penyebaran Covid – 19.
Sebanyak 198 Personil akan dilibatkan dalam pelaksanaan pengamanan Idul Fitri 1442 H di wilayah Hukum Polres Tomohon, dan akan di dukung oleh TNI dan aparatur pemerintah kota Tomohon yang terkait dalam pelaksanaan operasi “ketupat” samrat 2021,” terangnya.

Ditambahkan Kapolres, nanti ada tiga Pos pengamanan (Wilayah Utara, Sonder dan Tombariri), untuk pos pam Utara akan bergabung dengan pos penanggulangan bencana yang diisi oleh balai jalan propinsi Sulut dan BPBD.

“Pos pelayanan 1 (Pasar terminal)
Pos terpadu 1 (Pusat Kota Tomohon).
Dalam pelaksanaan operasi, akan juga melakukan penertiban khususnya bagi kendaraan Roda 2 yang menggunakan knalpot racing, yang saat ini meresahkan masyarakat,” tukasnya.(nox)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *