Senator Stefa Dukung Penguatan Kelembagaan BNPB dan BPBD Oleh Pemerintah Pusat

Senator Stefa saat berada diruang kerjanya.

Senator Stefa Dukung Penguatan Kelembagaan BNPB dan BPBD Oleh Pemerintah Pusat

Tomohon, Multiverum.com – anggota Komite II Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI), Ir Stefanus BAN Liow, MAP mendukung penguatan kelembagaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dengan menjaga eksistensi BNPB dan BPBD sesuai dengan fungsi dan tugasnya.


“Penguatan tata kelola dan kelembagaan dalam penanggulangan bencana merupakan sebuah kemestian yang harus dilaksanakan. Dalam hal pendanaan dan pengelolaan bantuan bencana, saya mendukung pemerintah pusat, mengalokasikan anggaran penanggulangan bencana dalam bentuk dana siap pakai paling 2% (dua persen) dari APBN serta adanya dana abadi,” tegas Stefa, Senin (06/09-2021).


Lanjutnya, demikian hal yang sama mendukung substansi terkait penekanan pemerintah daerah, mengalokasikan anggaran penanggulangan bencana dalam bentuk dana siap pakai atau nama lain paling sedikit 2% (dua persen) dari APBD, dengan menyesuaikan dengan ketersediaan dana. 


“Saya mengakui bahwa secara kelembagaan, DPD RI melalui Pimpinan Komite II DPD RI yakni Ketua Yorrys Raweyai, Wakil Ketua Bustami Zainudin, Abdullah Puteh, Lukky Semen didampingi Ketua PPUU Dr Badikenita Br. Sitepu telah menyampaikan secara resmi pandangan dan pendapat terhadap RUU tentang Penanggulangan Bencana, dalam Forum Rapat Tripartit antara DPR RI, Pemerintah dan DPD RI pekan lalu. DPR RI dalam hal ini Komisi VIII dan pemerintah diwakili Menteri Sosial Rl,” ungkapnya.


Ditambahkan Senator asal Sulut ini, RUU tentang Penanggulangan Bencana adalah disepakati merupakan inisiasi DPR RI, dimana sesuai konstitusi, maka DPD RI memberikan pandangan dan pendapatnya.  Pandangan dan pendapat dari DPD RI dirumuskan dari berbagai pihak baik dari Menteri Sosial, BNPB, para pakar bahkan tentunya menginventarisasi materi dari 34 provinsi ketika kunker dan reses. 


“Saya sendiri memperoleh dari Kepala BPBD Sulut, BPBD Tomohon dan daerah lainnya serta berbagai tokoh dan elemen masyarakat,” kata Senator SBANL yang terus berjuang dan berkarya dalam menjembatani aspirasi dan kepentingan daerah dipusat termasuk legislasi.(nox)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *