Dari HUT Minahasa Ke 594, Senator Stefa Ingatkan Jiwa dan Semangat Mapalus Wajib Dikedepankan di Minahasa

Senator Stefa mendampingi Bupati Minahasa dan Ketua TP PKK Pemkab Minahasa di HUT Minahasa ke 594

Tomohon, Multiverum.com – anggota DPD RI/MPR RI, Ir. Stefanus BAN Liow, MAP (SBANL) menghadiri Perayaan Hari Jadi Minahasa Ke-594 di Wale Ne Tou Tondano, Sabtu (05/11-2022).

Dalam kesempatan tersebut, Senator Stefa sapaan akrabnya menjelaskan, di moment HUT ke 594 Tahun Minahasa ini, jiwa dan semangat mapalus harus senantiasa di kedepankan dalam kehidupan bermasyarakat agar Minahasa benar-benar bangkit lebih sejahtera.

‘”Tanggalkan perbedaan sub etnis dan apalagi warna-warni politik, jika berkehendak daerah dan masyarakat sejahtera, karena sesungguhya perbedaan adalah karunia dan anugerah Tuhan yang menyatukan satu sama lain,” jelasnya.

Salah satu peristiwa unik di sela-sela acara yang membuat sejumlah kalangan penting yang hadir kagum, adalah ketika Teolog dan Budayawan Sulut, Pdt Prof Dr Richard A.D Siwu, MA,Ph.D mengungkapkan bahwa di jaman kepemimpinan Bupati Minahasa Drs KL Senduk sekitaran tahun 1993-1998, Senator Stefa ini adalah salah satu orang kepercayaan dari Prof. Dr. Jan Turang, dimana bersama dirinya (Pdt RAD Siwu), Pdt Prof. Dr. Welly Roeroe, dan Tokoh-Tokoh Masyarakat/Budaya lainnya sebagai Majelis Kebudayaan Minahasa (MKM) ikut berpartisipasi aktif dalam persiapan dan pelaksanaan acara-acara budaya, termasuk penganugerahan gelar adat.

“Sebelum jadi Senator, Stefa yang ketika itu adalah Dosen ITM Tomohon dan Dosen PNS IKIP Manado/Unima Tondano, adalah figur yang dikenal sebagai konseptor dan operator, dimana saat itu (tahun 1993-1998) masih berusia muda 25 tahun sudah menjadi Tim Penyusun Pola Dasar Pembangunan dan Repelita VI Kabupaten Minahasa, diantara para cendekiawan Unsrat Manado dan IKIP Manado. Dimasa itu juga, ikut menggaungkan pembentukan Daerah Otonom Baru (DOB) Kota Tomohon dan Kabupaten Minahasa Selatan,” jelas Pdt Siwu.

Diketahui, Rapat Paripurna dalam rangka Hari Jadi Minahasa Ke-594 dipimpin Ketua DPRD Minahasa Glady Kandouw, SE serta mendengarkan sambutan dari Bupati Minahasa Dr. Ir. Royke O. Roring, M.Si dan Gubernur Sulut Olly Dondokambey, SE. upacara penganugerahan gelar adat kepada 7 tokoh kawanua yang saat ini memegang jabatan strategis di pemerintahan dan TNI/Polri. Acara dilanjutkan dengan penganugerahan gelar adat oleh Bupati Minahasa yang adalah Ketua Umum Majelis Kebudayaan Minahasa (MKM) Dr. Ir. Royke O. Roring, M.Si bersama Tonaas Wangko Um Banua Gubernur Sulut Olly Dondokambey, SE.(nox)

Redaksi MV: