Buka Kegiatan Pendidikan Pengawas Partisipatif, Steffen Linu : Ini Bagian Bawaslu membangun Kolaborasi dengan Masyarakat

Tomohon, Multiverum.com – Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Sulut, Steffen S Linu SS MAP menjelaskan, untuk memaksimalkan pengawasan untuk kesuksesan pelaksana pemilu di Sulawesi Utara, pihaknya kini tengah membangun kolaborasi dengan masyarakat. Kolaborasi ini dilakukan dengan melaksanakan kegiatan pendidikan pengawas partisipatif bersama masyarakat, untuk pemilihan 2024 yang bermartabat.

“Perlu diketahui bersama, kinerja Bawaslu ini sangat berat karena harus mengawasi banyak daerah dengan jumlah personil yang sangat terbatas. Untuk wilayah Sulut, kami di Bawaslu Sulut yang hanya beranggotakan 5 orang, yang hanya di dukung pengurus Bawaslu di Kabupaten/Kota, Panwaslu, Panwaslu Kelurahan/Desa, harus mengawasi pelaksanaan pemilu di 15 Kabupaten/Kota yang ada di Sulut, ditambah harus mengawasi daerah kepulauan seperti Sangihe, Talaud dan Sitaro yang berbatasan dengan negara tetangga,” ungkapnya saat membuka kegiatan, Pendidikan Pengawas Partisipatif Kolaborasi Pengawasan bersama Masyarakat untuk Pemilihan 2024 yang Bermartabat, yang diselenggarakan Bawaslu Kota Tomohon, pada 24 – 26 Juni, di Grand Master Resort, Kota Tomohon.

Lanjutnya, untuk itu pihaknya merasa perlu menggandeng masyarakat, karena masyarakat sebagai garda terdepan dalam kesuksesan penyelenggaraan pemilu, yang sering berhadapan langsung dengan temuan soal adanya pelanggaran atau pun hal lainnya.

“Makanya saat ini kami sangat berharap para peserta kegiatan untuk bisa mengikuti kegiatan ini secara maksimal, guna ikut terlibat langsung dalam pengawas partisipatif, untuk pemilihan 2024 yang bermartabat,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kota Tomohon, Stenly Kowaas, dalam sambutannya mengharapkan, kegiatan ini bukan sebagai sosialisasi saja, tetapi sebagai pelatihan kepada masyarakat untuk mendapatkan pendidikan pengawas partisipatif.

“Kita berharap dengan pelatihan ini, masyarakat bisa turut berperan serta menjadi pengawas partisipatif, dan bisa menjadi mitra di lapangan dalam pemilihan nanti. Diharapkan mari kita mengikuti kegiatan dengan cermat dan seksama agar bisa jadi modal ke depan dalam ikut mengawasi pelaksanaan pemilu secara partisipatif,” tukasnya.

Turut hadir, Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Sulut, Steffen S Linu SS MAP, Kepala Bagian Pengawasan dan Humas Bawaslu Provinsi Sulut, Anggray Zari Mokoginta SP MAP, Ketua Bawaslu Kota Tomohon, Stenly Kowaas SP dan Divisi Hukum Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Humas, Bawaslu Tomohon, Handy Tumiwuda.(nox)

(nox)

Redaksi MV: