Jelang Pengucapan Syukur, Ini Pembahasan Pemkab, Polres Minahasa dan Unsur Forkopimda

Minahasa, Multiverum.com – Pemkab Minahasa bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA) menggelar pembahasan dalam rangka pemantapan pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan di Kabupaten Minahasa.

Rapat ini dilaksanakan pada Kamis, (18/7/24). Bertempat di Ruang Sidang Kantor Bupati Minahasa, Kelurahan Tounkuramber, Kecamatan Tondano Barat, Kabupaten Minahasa.

Rapat dibuka dengan sambutan dari Penjabat Bupati Minahasa Dr. Jemmy Stany Kumendong, M.Si, yang juga memaparkan topik pembahasan utama. Beberapa topik penting yang dibahas dalam rapat ini meliputi persiapan pengucapan syukur pada Minggu, 21 Juli 2024, dengan perhatian khusus pada potensi kelangkaan dan kenaikan harga bahan pokok, gas LPG 3 kg, serta stok daging. Selain itu, rapat juga membahas antisipasi kemacetan, kecelakaan lalu lintas, konsumsi minuman beralkohol, dan perkelahian.

Pemerintah Kabupaten Minahasa telah mengeluarkan surat edaran Bupati Minahasa Nomor 477/BM-VII-2024 dan surat edaran dari FKUB Kabupaten Minahasa Nomor 01/FKUB-MIN/6-2024 mengenai pelaksanaan pengucapan syukur di Kabupaten Minahasa.

Dalam rapat tersebut, juga dibahas tahapan Pilkada Tahun 2024, yang mencakup pemenuhan persyaratan pasangan calon dari 5 Mei hingga 19 Agustus, pengumuman pendaftaran pada 24-26 Agustus, pendaftaran calon pada 27-29 Agustus, penelitian pasangan calon pada 27-21 September, penetapan pasangan calon pada 22 September, kampanye pada 25 September-23 November, pemungutan suara pada 27 November, serta perhitungan suara dan rekapitulasi pada 27 November-16 Desember.

Selain itu, rapat juga menyoroti waspada terhadap kondisi cuaca yang berubah-ubah, khususnya genangan air di sekitar Danau Tondano yang belum surut, serta agenda perayaan HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 tahun 2024.

Rapat diakhiri dengan penarikan kesimpulan dan penutupan oleh Penjabat Bupati Minahasa Dr. Jemmy Stany Kumendong, M.Si. Tujuan utama rapat ini adalah untuk memaksimalkan fungsi koordinasi antar unsur forkopimda dalam pelaksanaan pembangunan dan penyelesaian masalah aktual di daerah serta kesiapan menghadapi Pilkada 2024.

Pernyataan dari Kapolres Minahasa AKBP S. Sophian, SIK, MH, mengungkapkan, sebagai bagian dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA), Polres Minahasa berkomitmen untuk mendukung setiap upaya pemerintah daerah dalam memantapkan pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan. Kami akan terus bersinergi dengan semua pihak terkait untuk memastikan stabilitas keamanan dan ketertiban di wilayah Minahasa, khususnya dalam menghadapi perayaan pengucapan syukur dan tahapan Pilkada 2024. Kami juga siap mengantisipasi dan menangani berbagai potensi permasalahan, seperti kemacetan lalu lintas, konsumsi minuman beralkohol, dan potensi konflik, demi menjaga kondusivitas daerah. Dengan koordinasi yang baik, kami yakin bisa mewujudkan Minahasa yang aman, nyaman, dan sejahtera bagi seluruh masyarakat,” tandasnya.

Hadir dalam rapat tersebut antara lain Penjabat Bupati Minahasa Dr. Jemmy Stany Kumendong, M.Si, Dandim 1302/Minahasa Letkol Inf Mutakbir, Kapolres Kota Tomohon AKBP Lerry Ronald Tutu, SIK, MM, Kabag Ren Polresta Manado AKP Marmiasih, Ketua Pengadilan Negeri Tondano Dr. Erenst Jannes Ulaen, SH, MH, Jaksa Fungsional Pidana Umum Jordhan N. Saragih, S.H, Asisten I Setdakab Minahasa Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Drs. Reviva Maringka, M.Si, Ketua FKUB Kabupaten Minahasa Pdt. Dr Evert Tangel, S.Th, M.Pdk, Ketua FKDM Kabupaten Minahasa AKBP (Purn) David Lembang, serta para Kepala Dinas Kabupaten Minahasa. (Fonda)

Redaksi MV: