DPRD – Pemkab Minahasa Gelar Legislative Expo 2024

Minahasa, Multiverum.com –
Kegiatan perhelatan Legislative SulutGo Expo 2024 dirangkaikan dengan menampilkan UMKM. Kabupaten Minahasa menjadi tuan rumah dalam kegiatan berlangsung di Lapangan God Bless Park Samratulangi Tondano, Rabu (24/4/2024) malam.

Perhelatan Legislative Expo direncanakan berlangsung selama 4 hari, mulai 24 hingga 27 April 2024, dan melibatkan berbagai UMKM unggulan daerah serta beberapa lomba lainnya, hal ini merupakan bentuk kerja sama DPRD dan Pemkab Minahasa.

Pembukaan Legislative Expo dihadiri Penjabat Bupati Dr. Jemmy Stani Kumendong, M.Si beserta Forkopimda Minahasa. Selain itu, hadir sejumlah pimpinan legislatif di Sulut maupun Gorontalo.

Dalam sambutannya, Pj Bupat Jemmy Kumendong, M.Si, menyampaikan bahwa kegiatan ini menjadi ajang silaturahmi para wakil rakyat di Bumi Nyiur Melambai dan sekitarnya, juga sebagai ajang sosialisasi menyangkut tugas pokok dan fungsi legislatif.

“Digelarnya kegiatan ini untuk memperkuat hubungan anggota legislatif di Sulawesi Utara dan Gorontalo. Selain itu, dengan melibatkan UMKM unggulan daerah tentu membawa dampak baik bagi perekonmian, dan kesejahteraan masyarakat Minahasa,” kata Kumendong.

Sebelumnya Direktur Domus Politica, Janny Kopalit, dalam laporannya mengatakan pelaksanaan Legislatif Expo ini dipadukan dengan pameran UMKM yang bertujuan untuk memberi masukan kepada wakil rakyat.

“Masukan dan saran terkait UNKM ini, diharapkan bisa mengembangkan sektor tersebut demi memberi dampak positif bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan peningkatan UMKM,” ujarnya.

Lebih lanjut, UMKM adalah bagian dari masyarakat, maka sudah menjadi tugas pemerintah dan DPRD mengembangkan sektor tersebut demi peningkatan kesejahteraan.

“Terima kasih atas kehadiran dan partisipasi serta dukungan dari seluruh peserta legislatif, karena sudah melaksanakan kegiatan ini setiap tahu, dan ini sudah di tahun ke 12,” ungkapnya.

Selama empat hari kegiatan, Legislative Expo dan UMKM SulutGo XII akan diisi dengan
kegiatan-kegiatan berupa, Pentas Seni Budaya, kunjungan Mahasiswa dan Siswa SMA/SMK, Study Banding Stand Peserta, Kunjungan Study Banding antar Stand Peserta, Workshop Tugas Fungsi Dewan, Penyisihan Lomba Debat APBD dan Debat APBD antar Universitas. 

Selain itu, diadakan Study Banding Peserta di Tempat Wisata, kunjungan Mahasiswa dan Siswa SMA/SMK, Study Banding antar Stand Peserta, Lomba Pidato Politik, Catur dan Debat APBD antar Universitas serta Bimbingan Teknis Pertanggungjawaban Pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 53 tahun 2023, tentang Perubahan Peraturan Presiden Nomor 33 tahun 2020 tentang Standar Harga Satuan Regional, kemudian Final Debat APBD antar Universitas.

Pada acara penutupan Legislative Expo nanti akan dilaksanakan senam pagi bersama peserta dan Pemkab Minahasa, dan dilanjutkan kunjungan mahasiswa dan siswa SMA/SMK, study banding antar peserta, lomba Mister and Madame, lomba Line Dance dan pentas seni budaya. (Fonda)

Redaksi MV: