Tiga Carek Unima Lolos Uji Tahap Lanjut

Minahasa, Multiverum.com – Senat Unima telah resmi menetapkan tiga Calon Rektor (Carek) Unima periode 2024-2028 yang lolos tahapan selanjutnya.

Adapun nama-nama yang lolos dan meraih suara terbanyak yakni Dekan FEB Unima Dr Joseph P Kambey, SE, MBA, Ak., Wakil Rektor Bidang Akademik Unima Prof Dr Orbanus Naharia, M.Si, dan Kepala LP3M Unima Dr. Patricia Mardiana Silangen, S.Pd, M.Si.

Dalam tahap perampungan seluruh administrasi dari ketiga calon Rektor ini, Kemudian, diserahkan ke Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kemendikbudristek untuk dilakukan verifikasi (rekam jejak ketiga calon Rektor) Kemudian, dilanjutkan tahapan berikut yakni penjaringan pemilihan.

Koordinator Program Studi (Korprodi) Ilmu Administrasi Negara (AN), Dr. Devi Siwij, selaku juga sekretaris panitia pemilihan rektor unima mengatakan, semoga tidak ada halangan, sesuai jadwal tanggal 20 Agustus nanti, sudah ada rektor Unima terpilih. Kemudian tanggal 8 September sudah dilantik

“Mekanisme pemilihan rektor nanti, akan dilakukan secara manual. Jadi, dalam kertas suara sudah ada foto masing-masing calon. Tinggal pemilih yang menentukan siapa yang akan di centang,” jelasnya.

Siwij menambahkan, saat ini berkas ketiga calon sudah dikirim ke kementerian. Dan tinggal menunggu jadwal fit and propertest, atau uji kelayakan dan kepatutan.

“Kami berharap, proses pemilihan rektor ini bisa berjalan dengan baik. Dan siapa pun yang terpilih nanti, diharapkan bisa membawa Unima kedepan yang lebih baik lagi,” tandasnya.

Untuk diketahui, pembagian suara 65 persen dari Senat dan 35 persen dari Kementerian bakal menentukan posisi orang nomor 1 di Unima. Hasilnya akan keluar pada pemilihan 20 Agustus nanti.(Fonda)

Redaksi MV: