Sanggar Seni dan Musik Merah Putih Kabupaten Mimika Papua Tengah Bangga Tampil di TIFF 2024

Tomohon, Multiverum com – Rafael Taorekeyau SAP MAP sebagai Ketua Aliansi Pemuda Kamoro (APK) juga Ketua Sangar Seni dan Musik Merah Putih Kabupaten Mimika, Kampung Nawaripi, Papua tengah, didampingi Norman Ditubun, sebagai Kepala Kampung Nawaripi mengapresiasi sekaligus mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Tomohon, dalam hal ini Walikota Tomohon, Caroll JA Senduk, yang sudah mengundang pihaknya untuk ikut aktif berpartisipasi di Tomohon Internasional Flower Festival (TIFF) 2024.

Dijelaskan Rafael, pihaknya ikut tampil di Tomohon memeriahkan TIFF 2024, sebagai langkah pihaknya mengenalkan adat dan budaya Papua Tengah, Kabupaten Mimika melalui Sanggar Seni yang mereka kelola.

Perlu diketahui bersama, Sanggar kami dibentuk dari Kabupaten Mimika sebagai wilayah adat yang memang diakui oleh negara. Untuk itu, jadi pemikiran kami tentang bagaimana bisa mengangkat harkat dan martabat setiap suku yang ada di Papua Tengah dengan menampilkan kebudayaan, salah satunya yang ada di kampung Nawawi. Disini dikampung kami ada dua ada dua suku yaitu suku amonia dan suku amoro, dimana kami adalah bagian dari pada suku kamoro yang mendirikan Sanggar Merah Putih ini.

“Melalui sanggar ini kami berusaha untuk membuat satu perubahan dengan mengangkat nilai-nilai kultural nilai kebudayaan yang ada di daerah kami. Nantinya melalui Iven seperti ini kami akan memamerkan hasil kearifan lokal daripada masyarakat adat dari suku kamoro yang ada di kabupaten Mimika,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Kampung Nawaripi, Norman Ditubun menambahkan, kami juga hadir disini untuk mengangkat nilai-nilai kebudayaan daerah kami, dimana hal tersebut merupakan nilai yang tertinggi di dalam kehidupan manusia seperti di daerah kami.

“Selain itu, kami mengapresiasi Kementrian Pariwisata yang selalu mendukung Pemkot Tomohon menggelar TIFF setiap tahunnya. Kami juga merasa bangga bisa ikut memeriahkan kegiatan bertaraf internasional ini. Kami pastikan acara TIFF di Kota Tomohon akan kami hadiri untuk menunjang program pariwisata yang ada di Kota Tomohon,” terangnya sembari berterima kasih ke Pemerintah Kabupaten Mimika dan pihak Freeport yang sudah mendukung kehadiran mereka di Kota Tomohon.(nox)

Redaksi MV: