Bangga Kencana Expo jadi Momentum Identifikasi Masalah dalam Pencegahan Stunting

Tomohon, Multiverum com – Walikota Tomohon, Caroll J A Senduk SH bersama Ketua TP-PKK Kota Tomohon drg. Jeand’arc Senduk-Karundeng menghadiri sekaligus membuka Kegiatan Bangga Kencana Expo 2024, di Anugerah Hall Tomohon, pada Rabu, (11/9/2024).

Walikota Tomohon dalam sambutannya menjelaskan jika Bangga Kencana Expo merupakan momentum yang strategis untuk mengidentifikasi permasalahan atau kendala yang muncul, serta capaian dalam pelaksanaan program percepatan pencegahan dan penurunan stunting.

“Bangga Kencana Expo sebagai ajang untuk membangun komitmen dan kesepakatan bersama baik pengelola dan pelaksana program serta mitra kerja program Bangga Kencana dalam upaya memastikan seluruh arah dan kebijakan serta strategi sinergitas pemerintah maupun stakeholder memastikan arah dan kebijakan tersusun, dapat terlaksana efektif dan efisien sehingga dapat diharapkan ada rumusan berupa rekomendasi dan solusi yang aplikatif terkait isu-isu dan kendala pelaksanaan program bangga kencana Kota Tomohon,” terangnya.

Lanjutnya, Kita semua patut bersyukur, atas kinerja kita bersama  pemerintah dan masyarakat kota Tomohon dalam hal pencegahan dan penurunan prevalensi stunting, dimana study data status gizi indonesia (SSGI) tahun 2024 menunjukan prevalensi angka stunting di Sulawesi Utara  berada di angka 21,3% mengalami kenaikan  0,8% dari tahun 2022 yakni 20,5% dan Kota Tomohon  menjadi satu-satunya kota dengan konsistensi penurunan prevalensi stunting dibawah 14% yakni dari 13,7% tahun 2022 menjadi 10,5% ditahun 2023.

“Artinya, target nasional penurunan prevalensi stunting 14% tahun 2024 sudah dilampaui oleh Kota Tomohon.  tentu ini merupakan bukti berkat dari kerja keras semua stakeholder yang ada di kota Tomohon. Saya mengajak kita sekalian walaupun saat ini kita sudah menurunkan prevalensi stunting diangka 10,5%, marilah kita terus tingkatkan sinergitas agar harapan dan cita-cita kita, kota tomohon zero (0%) stunting dapat terwujud. Pada kesempatan ini saya ingin mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Daerah Kota Tomohon dan semua yang terlibat dalam kegiatan Bangga Kencana Expo 2024,” urainya.

Usai sambutan, pada kesempatan tersebut Walikota Tomohon bersama Ketua TP-PKK Kota Tomohon didampingi Kepala perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Utara yang di wakili oleh Ketua Pokja Ketahanan Lansia dan pemberdayaan Ekonomi Keluarga Sulut, Kadis Pengendalian Penduduk dan KB Daerah Kota Tomohon membuka Bangga Kencana Expo 2024 yang ditandai dengan pemukulan tetengkoren.

Turut hadir, Pendeta Michael Runtu,STh,Kepala perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Utara yang di wakili oleh Ketua Pokja Ketahanan Lansia dan pemberdayaan Ekonomi Keluarga Sulut Mourend Jully Lesar SSos,Kadis  Pengendalian  penduduk dan KB Daerah Kota Tomohon,Jajaran Pemerintah Kota Tomohon, dan seluruh peserta Bangga Kencana Expo.(nox)

Redaksi MV: