Pemkab Toraja Utara Timba Ilmu di Tomohon soal Penanganan Virus ASF di Ternak Babi

Tomohon, Multiverum.com – Pjs Walikota Tomohon, Ir Freydy Kaligis MAP Menerima Kunjungan Kerja Rombongan Pjs Bupati Toraja Utara Dr Amson Padolo S Sos M Si dan Komisi 2 DPRD Kabupaten Toraja Utara, di Cafe Linow Tomohon Jumat, (25/10/2024).

Ketua Komisi Dua DPRD Kabupaten Toraja Utara Israel Makole dalam kesempatan tersebut mengungkapkan jika
tujuan dan maksud kunjungan ini adalah masalah ternak kerbau dan babi tapi hari ini kita membahas tentang babi. Dimana adat istiadat di Toraja, sekali melaksanakan acara kebutuhan akan ternak babi ratusan ekor.

“Namum kurang lebih tiga tahun terakhir ini telah terjadi krisis ternak babi di Toraja sebagai akibat/dampak dari Virus ASF yang hingga saat ini masih belum pulih. Dampak yang sangat terasa oleh Masyarakat yaitu pasaran terlalu tinggi meningkat kurang lebih 300%. Maka dari itu kami mau belajar dan mendapatkan informasi dari Tomohon. Kira-kira bagaimana kelangsungan ternak babi di Tomohon masih bisa bertahan ataupun solusi ada solusi dalam menghadapi virus ASF tersebut. Kami ingin mengadopsi sistem yang di lakukan Kota Tomohon, karena alamnya Tomohon persis seperti Toraja,” terangnya.

Sementara itu, Pjs Walikota, Ir Fereydi Kaligis menjelaskan, Saat ini peternakan babi di kota Tomohon mulai pulih kembali setelah 10 langkah yang telah dilakukan pemerintah Kota Tomohon lewat Dinas Pertanian dan Perikanan Peternakan yaitu, Melaksanakan lalu lintas hewan, produk dan hewan komoditi babi di 5 titik pintu masuk kota Tomohon. Melaksanakan koordinasi tingkat pusat Kementerian. Koordinasi dengan Kepolisian baik di Polres maupun di Polda serta Stake holder terkait mulai dari tingkat kota maupun provinsi.

“Koordinasi dengan Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Sulawesi Utara bersama dengan Dinas yang membidangi fungsi peternakan dan kesehatan hewan kabupaten kota di Provinsi Sulawesi Utara. Mengadakan sosialisasi kepada peternak dan masyarakat luas mengenai penyakit ASF. Melaksanakan Disinfeksi/ penyemprotan kandang. Melaksanakan Vaksin hog Cholera pada ternak babi. Melaksanakan surveilans pengambilan dan pengiriman specimen sample darah dan swap guna peneguhan diagnosa laboratorium terhadap ASF. Penerbitan Instruksi Walikota tentang pengendalian ASF di kota Tomohon. Restoking pengadaan bantuan ternak babi sebanyak 220 ekor kepada 44 Kelompok tani yang tersebar di wilayah Kota Tomohon,” urainya.

Turut hadir : Komisi dua DPRD Kabupaten Toraja Utara Jusuf Tangkemanda, Agus Tuku Sarira, Ratte Salurante, Ariadi Gala, Timotius Tandibua, Kadispora Toraja Utara,Kadis Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Toraja Utara,Kadis Perindagkop, Camat Tondon, perwakilan Dinas pertanian dan peternakan,Kaban Keuangan Daerah Kota Tomohon,Kadis Pertanian dan perikanan Daerah Kota Tomohon, Kadis Distakan Kota Tomohon dan jajaran Pemkot Tomohon.(nox)

Redaksi MV: