Sekda Edwin Minta PD Pasar, PDAM dan RSUD Anugerah Mampu Tingkatkan Perekonomian Daerah

Sekda saat membawakan sambutan.

Sekda Edwin Minta PD Pasar, PDAM dan RSUD Anugerah Mampu Tingkatkan Perekonomian Daerah

Tomohon , Multiverum.com – Sekretaris Daerah Kota Tomohon (Sekda), Edwin Roring SE ME menegaskan, pemerintah kota sangat mengharapkan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) dapat meningkatkan perekonomian daerah, sehingga dapat menjawab tuntutan kebutuhan ekonomi dan pelayanan kesehatan pada masyarakat, agar pelayanan publik dapat meningkat.


Hal ini dijelaskan Sekda dalam Rakor Sinkronisasi, Monitoring dan Evaluasi Kebijakan Pengelolaan BUMD dan BLUD 2021, yang digelar di Aula Rumah Dinas Walikota, pada Kamis, (14/10-2021).


“Pemerintah Kota Tomohon mengelola dua BUMD yakni PD Pasar dan PDAM serta satu BLUD, yakni Rumah Sakit Umum Daerah Anugerah. Selaras dengan adanya BUMD dan BLUD, tentu akan memberikan fleksibilitas dan keleluasaan dalam pola pengelolaan keuangan dengan menerapkan praktek bisnis yang sehat, untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat tanpa mencari keuntungan semata, dalam rangka memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa” jelasnya.


Lanjut Roring, pengelolaan BUMD dan BLUD ini perlu dioptimalkan agar benar-benar menjadi kekuatan ekonomi yang handal, sehingga dapat berperan aktif, baik dalam menjalankan fungsi dan tugasnya maupun sebagai kekuatan perekonomian daerah. 


“Karena tujuan didirikannya BUMD adalah untuk mendapatkan pendapatan lain di luar pajak serta membantu pembangunan daerah yang dapat memajukan perekonomian daerah dan nasional, sehingga dapat memenuhi kebutuhan rakyat dan tercipta masyarakat adil dan makmur.Begitu pula  dengan badan layanan umum daerah (BLUD) yang adalah satuan kerja perangkat daerah, untuk unit kerja pada satuan kerja perangkat daerah yang dibentuk untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat,” terangnya.


Diketahui, turut hadir dalam kegiatan ini, Karo Perekonomian Setda Provinsi Sulut yang diwakili oleh Kasubag BLUD Henk Mongi, STP,  Staf Ahli Walikota Bidang Administrasi & SDM Yang juga Plt Kabag Ekonomi Ir. Nova S Rompas, para Direktur BUMD dan BLUD Kota Tomohon, serta jajaran Pemerintah Kota Tomohon lainnya.(nox)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *