Ketua KPU Tomohon : Tim Verifikasi Faktual Segera Turun Langsung Data Kelengkapan Parpol

Para Komisioner KPU saat pelaksanaan kegiatan

Tomohon, Multiverum.com – Ketua KPU Tomohon, Haryanto Lasut menegaskan jika pihaknya akan segera turun langsung melakukan verifikasi faktual ke setiap Partai Politik (Parpol) yang telah mendaftar untuk mengikuti pemilihan umum.

Hal ini dijelaskannya saat menggelar Koordinasi Tahapan Verifikasi Faktual Kepengurusan dan Keanggotaan Partai Politik Calon Peserta Pemilu Tahun 2024 bersama Stakeholder, Awak Media dan Tokoh Masyarakat serta LSM, di aula Megfra Kota Tomohon, pada Jumat (14/10-2022).

“Proses verifikasi faktual yang akan dilakukan ada dua, yang pertama adalah dari Kepengurusan Parpol dan kemudian dari Keanggotaannya. Dalam verifikasi faktual kepengurusan itu akan dilakukan pengecekan lapangan soal domisili dan alamat Kantor Parpol terkait, guna mencocokkan identitas pengurus parpol tersebut yang akan dilaksanakan mulai hari Minggu sampai hari Senin tanggal 16 dan tanggal 17 Oktober,” jelasnya.

Lanjutnya, sebelum melakukan hal ink, tentu sebelumnya kami telah melaksanakan Rapat Koordinasi sebagai pelengkap untuk melakukan proses verifikasi faktual ke tiap parpol.
Setelah dilakukan verifikasi kepengurusan kami akan melakukan verifikasi keanggotaan partai dan itu sesuai dengan aturan peraturan KPU dan undang-undang.

“Tomohon dilihat dari jumlah penduduk yang berjumlah 100.000 lebih maka setiap parpol harus mempunyai keanggotaan berjumlah minimal 100 orang. Usai melakukan semua prosesnya, data tersebut akan kami serahkan ke KPU RI, dan nanti KPU yang akan mengumumkan hasilnya ke tiap KPU yang ada di Kabupaten/Kota,” urainya.

Tambahnya, bagi petugas verifikasi faktual dari KPU Tomohon nantinya akan dibekali dengan ID Card Khusus dan Surat Tugas. Kepada pengurus parpol dan masyarakat diharapkan agar bisa menerima dengan baik pelaksanaan proses kegiatannya.

“Masyarakat dan pengurus parpol juga harus jeli dan berjaga jaga jika ada nanti yang mengaku petugas dari KPU, namun tidak dilengkapi ID Card dan Surat Tugas resmi dari KPU. Segera laporkan ke pihak ,” tegasnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Tomohon, Robby Golioth mengungkapkan, ke depan kita sudah memulai tahun politik. Untuk itu jangan sampai pesta demokrasi ini membawa duka cita atau membawa hal yang tidak baik bagi kita. Pembahasan ini ditekankan bagaimana kita menyambut tahapan pemilihan umum bisa berjalan dengan baik demi demokrasi yang ada di Indonesia terlebih kota Tomohon

“Saat turun ke tiap parpol kami akan menanyakan KTP beserta kartu tanda anggota termasuk data dan jumlah anggota partai, dan apakah itu partai tersebut sudah memiliki izin atau tidak. Partai politik wajib memiliki kantor yang tetap sampai Pemilu selesai,” pungkasnya.

Turut hadir, para Komisioner KPU, Stenly Kowaas, Jacobus Andre Wowor,Albertien Pijoh, Sekretaris KPU, Stella Sompe, Ketua Bawaslu Tomohon, Deysi Soputan, para awak media dan perwakilan TNI Polri. (nox)

Redaksi MV: