Peduli Kelestarian Alam, Senator SBANL Tak Pernah Henti Ajak Masyarakat Tanam Bibit Pohon dan Buah

Senator Ir SBANL MAP saat menanam bibit pohon

Tomohon, Multiverum.com – peduli dengan kelestarian alam untuk menjaga ekosistem dan keasrian lingkungan, Anggota Komite II DPD RI Senator Ir Stefanus BAN Liow, MAP (Senator SBANL) terus mengajak, memotivasi dan bahkan memberikan contoh bagi masyarakat Sulawesi Utara untuk melakukan penanaman bibit pohon dan buah.

Menurutnya, seperti contohnya menanam dan memelihara pohon enau, seho atau akel, mantan Ketua Generasi Muda Pencinta Alam (Gemupala) Amurang ini mengatakan fungsi pohon enau secara ekologis adalah sebagai pengawet sumber daya alam terutama tanah.

“Akar serabut pohon seho sangat kokoh, dalam dan kuat sehingga memiliki fungsi penting bagi penahan erosi tanah. Akar seho juga memiliki kemampuan mengikat air,” ungkap mantan Ketua Mapala Mapalus ITM ini, Kamis (09/03-2023).

Disamping kelestarian alam dan lingkungan hidup, jelas Ketua Komisi P/KB Sinode GMIM Periode 2014-2018, seho memberikan banyak manfaat untuk kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

“Daun, ijuk, buahnya memberikan nilai tambah ekonomi dijadikan gula aren, saguer sebagai minum kearifan lokal dan banyak manfaat lainnya. Soal bibit pohon, tersedia dan disiapkan oleh pemerintah seperti melalui BP DAS Tondano di lokasi persemaian modern Likupang Batuputih Bitung, Kima Atas dan di lokasi lainnya,” tukas suami tercinta dari Itu Miky Juanita Linda Wenur ini.(nox)

Redaksi MV: