Jericho Pombengi : Peran Media Penting dalam Kesuksesan Pelaksanaan Pemilu 2024

Dr Jericho Pombengi

Manado, Multiverum.com – Akademisi Sulut, Dr Jericho Pombengi MSi S Sos menjelaskan, peran media dalam melakukan pengawasan dalam tahapan pelaksanaan pemilu sangat penting, guna mensukseskan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) di tahun 2024 mendatang.

Menurutnya, peran pers itu untuk mengontrol dinamika di dalam masyarakat yang ada, di samping bagaimana pemilu nanti itu bisa berjalan jujur adil, dan juga setelah pemilu bisa mengontrol apakah pemilu yang dihasilkan itu sudah benar-benar berkualitas atau tidak.

“Peran pers selalu mengikuti arus dan mengikuti zaman yang ada. Makanya pihak penyelenggara pemilu seperti KPU dan Bawaslu wajib menggandeng media dalam mensukseskan pemilu di tahun 2024,” tuturnya dalam kegiatan Bawaslu Sulut, mengenai Rapat Koordinasi Pengawasan Partisipatif bersama Media dan Masyarakat pada Tahapan Pengadaan dan Pendistribusian Logistik Pemilu 2004 di Provinsi Sulut, yang dilaksanakan di Swiss-Belhotel Maleo Leosan Manado, pada Senin (18/12-2023).

Lanjutnya, kami juga ingin menekankan bagaimana peran media dalam Pengawasan Pengadaan dan Pendistribusian Logistik Pemilu 2024, dimana dalam pelaksanaan tahapannya,
ada beberapa potensi pelanggaran yang harus diwaspadai seperti jumlah logistik tidak sesuai, jenis logistik tidak sesuai dan kualitas logistik rendah. Patut juga diwaspadai mengenai tujuan pendistribusian logistik tidak tepat,
kuantitas logistik tidak tepat, dimana hal ini akan berimplikasi terganggunya pemilu.

“Untuk itu, dibutuhkan peran dan sinergitas antara KPU dan Bawaslu untuk menyamakan persepsi untuk penanganan masalah ini sambil diawasi oleh media.
Untuk mewujudkan kesuksesan pemilu wajib hukumnya kalau distribusi logistik ini benar-benar bisa berjalan dengan baik,” tukasnya.(nox)

Redaksi MV: