Pemdes Talikuran Tompaso Bangun Saluran Drainase di Lokasi Perkebunan Nuangan

Tompaso, Multiverum.com – Pemerintah Desa Talikuran Kecamatan Tompaso Kabupaten Minahasa, laksanakan Pembangunan Pembuatan Saluran Drainase di lokasi Perkebunan Nuangan.

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya memperluas lahan perkebunan untuk meningkatkan kesejahteraan petani dalam rangka mendukung ketahanan pangan. Pembangunan Saluran Drainase tersebut sekaligus sebagai program lanjutan Pemerintah Desa.

“Panjang Saluran Irigasi yang sementara dibangun untuk tahun ini adalah 160 m. Selanjutnya, kegiatan tersebut direncanakan akan diselesaikan dengan waktu 30 hari, diharapkan tuntas tepat waktu,” kata Hukum Tua Desa Talikuran Kecamatan Tompaso, Joula B. Wungkar, M.Pd, dalam wawancara saat memantau pelaksanaan pekerjaan Pembangunan Saluran Drainase, Rabu (6/3/24).

Lanjut Wungkar, jika keseluruhannya selesai dibangun, saluran Drainase yang ada di desa Talikuran ini dapat membantu perkebunan yang ada. “Semoga dengan pembangunan saluran Drainase ini dapat bermanfaat bagi kita semua, terutama perkebunan yang dilewati saluran Drainase,” harapnya.

Dirinya juga berharap agar para pemangku setempat dapat memaksimalkan ketersediaan saluran Drainase tersebut.

Untuk diketahui Pembuatan Saluran Irigasi ini bersumber dari Dana Desa (DD) APBDes Tahun anggaran 2024, Rp. 179.411,300,- dengan pelaksana kegiatan Pelaksana Pengelolaan Keuangan Desa(PPKD)Desa Talikuran Tompaso. (AS)

Redaksi MV: