Gelar Media Gathering, KPU Minahasa Sosialisasi Pilkada 2024 bersama Awak Media

Sosialisasi Pilkada 2024 KPU Minahasa

Minahasa, Multiverum.com– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa mengadakan acara media gathering bersama para wartawan pos liputan Minahasa dalam rangka sosialisasi tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Tahun 2024. Berlangsung di Cafe Rumah tua Tondano Senin (27/5/24).

Acara ini dipimpin oleh Ketua KPU Minahasa, Rendy Suawa, dan dimoderatori oleh Arif Kurniawan, Ketua Divisi Sosialisasi Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Minahasa.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Minahasa, Rendy Suawa, menekankan pentingnya peran media dalam menyebarluaskan informasi terkait tahapan pemilihan kepada masyarakat. “Media memiliki peran vital dalam memastikan masyarakat mendapatkan informasi yang akurat dan tepat waktu mengenai tahapan dan prosedur pemilihan,” ujar Rendy Suawa.

Acara ini menghadirkan dua narasumber utama yang memberikan materi edukatif terkait pemilihan umum. Dr. Viktory N.J. Rotty, seorang dosen di Universitas Negeri Manado (Unima), memberikan penjelasan yang komprehensif mengenai pentingnya pendidikan politik dan partisipasi aktif masyarakat dalam pemilihan. “Edukasi politik adalah kunci untuk meningkatkan partisipasi dan kualitas demokrasi di Minahasa,” jelas Dr. Rotty.

Narasumber kedua, Dr. Zulkifli Golonggomm, M.Si, yang merupakan anggota KPU periode 2013-2018, membahas pengalaman dan tantangan yang dihadapi dalam penyelenggaraan pemilihan umum. Ia juga memberikan insight mengenai langkah-langkah yang dapat diambil untuk meningkatkan efektivitas proses pemilihan, implikasi Pilkada Serentak, serta tahapan Pemilihan. “Pengalaman masa lalu memberikan banyak pelajaran berharga untuk memastikan pemilihan berjalan dengan lebih baik dan transparan,” kata Dr. Zulkifli.

Moderator Arif Kurniawan, dalam perannya, memastikan diskusi berjalan interaktif dan produktif. Ia mengarahkan pertanyaan dari para wartawan kepada narasumber, serta menyimpulkan poin-poin penting dari diskusi tersebut.

Para wartawan yang hadir diberikan kesempatan untuk bertanya dan berdiskusi langsung dengan pihak KPU dan narasumber. Beberapa isu yang dibahas termasuk kesiapan logistik, pengawasan independen, dan langkah-langkah yang diambil untuk memastikan keamanan dan kelancaran proses pemilihan.

“Melalui sosialisasi ini, kami berharap media dapat membantu mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya partisipasi dalam pemilihan serta prosedur yang harus diikuti,” tambah Rendy Suawa.

Acara ini diakhiri dengan sesi foto bersama dan komitmen dari KPU Minahasa untuk terus berkolaborasi dengan media dalam rangka menyukseskan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Tahun 2024.(AS)

Redaksi MV: