Walikota Caroll Senduk Minta Maknai Pancasila dalam hidup Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara

Walikota Tomohon, Caroll JA Senduk SH saat menjadi Irup Hari Kelahiran Pancasila

Tomohon, Multiverum.com – Walikota Tomohon, Caroll Senduk SH menegaskan, di Hari Lahir Pancasila ini selaku pemerintah kami mengajak seluruh elemen masyarakat termasuk ASN untuk membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Hal ini ditegaskan Walikota saat menjadi Inspektur Upacara Hari Kelahiran Pancasila, yang jatuh pada hari ini, Sabtu (01-06-2024), di Lapangan Kantor Walikota Tomohon, dengan tema tahun ini, ‘Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045’.

“Pancasila telah terbukti mampu mempersatukan kita dalam menghadapi berbagai tantangan dan ujian sejarah, sehingga Indonesia tetap berdiri kokoh sebagai bangsa yang besar. Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia yang maju, mandiri, dan berdaulat,” tegasnya.

Lanjutnya, saat ini kemajuan teknologi komunikasi yang pesat sebagai tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia. Pancasila diharapkan menjadi filter agar bangsa tidak mengalami disorientasi di masa depan. Pesatnya penggunaan teknologi dan smartphone harus dimanfaatkan untuk menyebarkan konten-konten positif yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila.

“Saya mengajak seluruh komponen bangsa untuk terus mengutamakan Pancasila dengan metode dan cara-cara kekinian dalam menyongsong bonus demografi yang akan menempatkan kaum milenial dan Gen Z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa,” tuturnya.

Ditambahkannya, pemerintah Kota optimis bahwa tantangan global yang dihadapi Indonesia akan dapat diatasi dengan gotong royong seluruh anak bangsa dan ideologi Pancasila sebagai pondasi dasarnya. Dia juga menekankan pentingnya menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik di tengah krisis global.

“Kita patut bersyukur bahwa bangsa Indonesia telah terbukti menjadi bangsa yang dewasa dalam berdemokrasi, berbangsa, dan bernegara. Peringatan Hari Lahir Pancasila ini diharapkan dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan, Sekretaris Daerah, Forkopimda kota Tomohon, para pejabat SKPD, ASN dan THL Pemkot Tomohon.(nox)

Redaksi MV: