Johny Wilson : Elektabilitas Tertinggi, Pamor Ronald Kandoli Unggul Terlalu Jauh dengan Calon Lain

Direktur Survey Indonesia Observer, Johny Wilson dan Ronald Kandoli

Tomohon, Multiverum.com – Direktur Survey Indonesia Observer, Johny Wilson mengakui jika untuk saat ini elektabilitas Calon Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) dari PDIP paling tinggi dalam survey yang dilakukan pihaknya.

Menurutnya, pamor Ronald Kandoli unggul terlalu jauh dibanding pasangan lain yang juga telah turun di tengah masyarakat untuk meraih simpati dan melakukan sosialisasi.

“Dari hasil survey kami, dari sisi etnis, yang melibatkan 11 etnis di Mitra, PDIP memperoleh dukungan sebesar 67,3 persen. Partai lainnya hanya mendapat dukungan di kisaran 1-9 persen. Pemilih berdasarkan tiga agama besar di Mitra juga menunjukkan keunggulan PDIP dengan angka 74,51 persen, sementara partai lainnya hanya berada di kisaran 0,2-7,53 persen,” ujar Wilson.

Lanjutnya, di bidang pekerjaan, PDIP mendapat dukungan sebesar 79,59 persen, sementara partai lainnya hanya memperoleh dukungan di kisaran 0,1-5,61 persen. Berdasarkan sebaran usia (gen X: 10-24 tahun, gen Y: 25-39 tahun, gen Z: 40-53 tahun, baby boomer: 54-74 tahun, pre-boomer: 75 tahun ke atas), hingga PDIP unggul jauh dengan memperoleh 79,1 persen dukungan, sementara partai lainnya hanya mendapat dukungan di kisaran 0,1-7,7 persen. Begitupun sebaran di 12 kecamatan se-Kabupaten Mitra, PDIP memperoleh dukungan sebesar 83,10 persen. Partai lainnya hanya mendapat dukungan di kisaran 0,1-4,9 persen,” ungkapnya.

Dijelaskannya, Untuk tingkat kestabilan pemilih, 70,84 persen diyakini akan memilih PDIP, sementara partai lainnya hanya mencapai tingkat kestabilan tertinggi sebesar 3,30 persen. Sisanya, 20,91 persen, masih belum stabil atau bisa berubah pilihan. Sementara itu, nama Ronald Kandoli menjadi figur yang paling diinginkan masyarakat. RK memiliki elektabilitas sebesar 67,54 persen, jauh mengungguli beberapa calon lainnya yang hanya berada di kisaran 0,96-5,5 persen.

“Berkaitan popularitas dan akseptabilitas beberapa tokoh masyarakat di Mitra, Ronald Kandoli adalah tokoh yang paling dikenal dan disukai di Mitra. Terkait dengan polpularitas dan Ektabilitas beberapa tokoh di Mitra, Ronald Kandoli adalah tokoh yang paling dikenal dan disukai di Kabupaten Minahasa Tenggara. Hal ini berkaitan dengan investasi sosial politik yang telah dilakukan bersangkutan selama ini. Sekedar mengingatkan, sebagai politisi muda Ronald Kandoli telah berpengalaman menjalankan tugas sebagai Wakil Bupati.” pungkasnya.(nox)

Redaksi MV: