Yudhi Dien : Kita harus Tergerak Awasi Kecurangan Pemilu

Yudhi Dien saat mendengar pertanyaan dari perwakilan disabilatas

Manado, Multiverum.com – Akademisi Sulut, Dr Yudhi Dien SE ME tampil sebagai pemateri dalam Rapat Evaluasi Pengawasan Pemilu Partisipatif dalam Pemilu di Provinsi Sulut Tahun 2024, dalam kegiatan Bawaslu Sulut dengan Tema Bersama Rakyat Awasi Pemilu bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu, pada Sabtu (08/06-2024).

Dalam kesempatan tersebut, Yudhi Dien mengambil materi, Manajemen Organisasi dalam Konteks Implementasi Pemilu.
Menurutnya, Bawaslu sebagai penyelenggara pemilu sangat memiliki keterbatasan terutama dalam hal Sumber Daya Manusia (SDM). Hal ini memang jelas berhubung dalam menjalankan kinerjanya saat pemilu, Bawaslu sangat terkendala dengan jumlah petugas yang melakukan pengawasan.

“Makanya untuk itu, kita sebagai warga negara yang bertanggung jawab akan kelangsungan pembangunan harus turut ikut andil membantu Bawaslu. Dalam hal ini membantu untuk ikut tampil sebagai pengawas partisipatif di Pemilu 2024.

Dijelaskannya, walaupun kita selaku masyarakat hanya diam saja saat melihat pelanggaran pemilu terjadi dihadapan kita, tapi setidaknya kita harus punya hati untuk melawan hal ini dan turut melakukan pengawasan partisipatif.

“Di sini mari kita belajar sama sama untuk ikut andil mencegah dan melaporkan jika melihat terjadinya kecurangan pemilu seperti money politik, ASN yang terlibat politik praktis atau pun pelanggaran lainnya,” jelasnya.

Ditambahkannya, masyarakat harus tau, disamping pengawasan oleh Bawaslu, terdapat juga pengawasan yang dilakukan oleh masyarakat terhadap proses penyelenggaraan pemilu yang disebut dengan kegiatan pemantauan pemilu.

“Adanya partisipasi masyarakat dalam melakukan pengawasan pemilu ini adalah bentuk dari penggunaan hak warga negara untuk mengawal hak pilihnya. Kemudian, kegiatan pemantauan ini juga merupakan upaya kontrol dari publik untuk menjaga suara dan kedaulatan rakyat di dalam penyelenggaraan negara,” urainya.

Turut hadir dan menjadi moderator, Staf Bawaslu, Zainuddin dan Kordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Sulut, Steffen S Linu SS MAP serta Kepala Bagian Pengawasan dan Humas Bawaslu Provinsi Sulut, Anggray Zari Mokoginta SP MA.(nox)

Redaksi MV: