Angkat Perekonomian Daerah, Ratusan Pengusaha dan UMKM di Tomohon Diberi Pemahaman E Katalog dan NIB

Angkat Perekonomian Daerah, Ratusan Pengusaha dan UMKM di Tomohon Diberi Pemahaman E Katalog dan NIB

Tomohon, Multiverum.com – untuk mengangkat perekonomian masyarakat daerah di Kota Tomohon, Pemerintah Kota lewat Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMTSP) Kota Tomohon menggelar Sosialisasi / Bimbingan Teknis Implementasi Perizinan Berusaha Berbasis Resiko Tahun 2024, pada Rabu (13/06-2024).

Walikota Tomohon, Caroll Joram Azarias Senduk SH yang hadir membuka kegiatan mengatakan, sosialisasi perijinan ini harus diikuti dan dipahami dengan baik oleh setiap peserta yakni para pengusaha UMKM yang ada di Kota Tomohon. Hal ini sangat penting bagi kalian, karena melalui aplikasi NIB dan E Katalog ini, para pengusaha akan semakin termudahkan dalam meningkatkan usaha.

“Jika usaha masyarakat meningkat, tentu akan membuat perekonomian daerah ikut menjadi meningkat, yang tentu akan mensejahterakan warga kota,” ungkap Senduk.

Lanjutnya, melalui aplikasi aplikasi peningkatan usaha ini, para pelaku UMKM akan lebih termudahkan dan bisa mengikuti penawaran usaha atau mengikuti tender usaha dari pemerintah dan bahkan secara nasional. Aplikasi ini sudah mencakup ranah seluruh wilayah Kabupaten/Kota di Indonesia.

“Dari sini nantinya para pelaku usaha UMKM akan lebih berkreasi dalam pengembangan usaha. Tentu harapan kami dengan adanya bimtek atau sosialisasi ini akan bermanfaat baik bagi kemajuan usaha bapak ibu dan tentu kemajuan UMKM di kota Tomohon ini,” pungkasnya.

Sementara itu, Kadis DPMPTSP Kota Tomohon, Anneke Maindoka dalam laporannya mengatakan, tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman pengertian dan petunjuk serta kemudahan berusaha sebagai bentuk dukungan pemerintah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Tujuan pelaksanaan ini bahwa dari data yang ada di pihak kami tahun 2023 keseluruhan berjumlah 8135 pelaku usaha, baru sekitar hampir dua ribu yang sudah memiliki NIB dan E Katalog. Makanya sosialisasi ini sangat penting dilakukan untuk para pelaku usaha UMKM lainnya yang hadir di tempat ini. Dan perlu diketahui kegiatan ini diikuti 150 peserta,” singkatnya.(nox)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *