Sukses Tekan Inflasi, Minahasa Masuk 3 Terbaik se-Sulawesi dan Nominasi 17 Kabupaten/Kota se-Indonesia

Penghargaan yang diterima Pemkab Minahasa

Sukses Tekan Inflasi, Minahasa Masuk 3 Terbaik se-Sulawesi dan Nominasi 17 Kabupaten/Kota se-Indonesia

Jakarta, Multiverum.com – Penjabat Bupati Minahasa, DR Jemmy Stani Kumendong MSi, Jumat (14/06), diundang oleh Presiden RI Joko Widodo melalui Kementerian Dalam Negeri yang dipimpin oleh Mendagri Tito Karnavian untuk hadir langsung di Istana Negara dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Inflasi.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa dinilai sukses dalam menjaga stabilitas dan menjalankan roda pemerintahan di daerah dengan menekan inflasi, yang menjadi perhatian serius pemerintah pusat. Pemkab Minahasa masuk dalam 17 kabupaten/kota se-Indonesia yang masuk nominasi penerima penghargaan. Oleh karena itu, Penjabat Bupati Minahasa bersama seluruh gubernur diundang hadir langsung di Istana Negara oleh Presiden Jokowi.

Undangan ini merupakan tindak lanjut dari telegram Menteri Dalam Negeri, Nomor Surat 500.2.3/4062/Bangda tertanggal 11 Juni 2024 yang ditandatangani oleh Dirjen Bina Pembangunan Daerah, selaku Ketua Pokja Daerah Ir. Restuardy Daud, M.Sc.

Prestasi ini jelas membuktikan sebuah pencapaian yang membanggakan bagi Pemkab Minahasa beserta seluruh masyarakatnya. Bupati Kumendong mengungkapkan bahwa ini patut disyukuri atas kerja keras semua pihak baik dari jajaran Forkopimda, jajaran Pemkab Minahasa, Sekda Lynda Watania, para Asisten dan Kepala Dinas/Badan hingga staf. “Patut disyukuri dan tentunya apresiasi bagi Forkopimda, jajaran Pemkab dan seluruh masyarakat Minahasa, sehingga apa yang menjadi ikhtiar bersama mampu kita laksanakan dengan komitmen yang kuat dan penuh tanggung jawab,” ungkap Bupati Kumendong, Jumat (14/06) di Istana Negara.

Minahasa dinyatakan masuk dalam 3 terbaik Region se-Sulawesi dan nominasi 17 kabupaten/kota se-Indonesia. Oleh karena itu, hari ini bisa terundang langsung menghadiri Rakornas di Istana Negara yang dihadiri langsung oleh Presiden Jokowi, Mendagri Tito Karnavian, sejumlah menteri, serta para gubernur se-Indonesia. Pada kesempatan ini, Bupati Kumendong turut didampingi oleh Kabag Prokopim, Ricky Laloan, SH, dan Stafsus Bidang Komunikasi Publik, Rolf Lumintang, S.Sos.

Rakornas Inflasi ini dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, didampingi oleh Menko Perekonomian selaku Ketua TPIP, Gubernur Bank Indonesia, Menteri Keuangan, Mendagri, para gubernur, bupati/walikota yang masuk nominasi, dan pejabat terkait. Rakornas mengangkat tema “Pengamanan Produksi dan Peningkatan Efisiensi Rantai Pasok untuk Mendukung Stabilitas Harga.” Tujuan kegiatan ini adalah untuk mendorong kepala daerah dan TPID dalam mensinergikan kebijakan stabilitas harga dan ketahanan pangan nasional dengan kebijakan pemulihan ekonomi di daerah, serta menghasilkan kebijakan pengendalian inflasi daerah yang akan menjadi bahan masukan untuk kebijakan pengendalian inflasi secara nasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *