177 Anggota PPS Minahasa Dibekali Pemutakhiran Data Pemilih dan Penggunaan Aplikasi E-Coklit

177 Anggota PPS Minahasa Dibekali Pemutakhiran Data Pemilih dan Penggunaan Aplikasi E-Coklit

Minahasa, Multiverum.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemutakhiran Data Pemilih dan Penggunaan Aplikasi E-Coklit untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2024. Berlangsung di Tirta Agrapana Kecamatan Tompaso Barat, Jumat (21/6/24).

Kegiatan ini diadakan untuk Panitia Pemungutan Suara (PPS) di wilayah 4.

Bimtek ini dibuka oleh Komisioner KPU Minahasa, Ibu Lidia A. Malonda, yang juga menjabat sebagai Korwil Wilayah 4. Dalam sambutannya, Ibu Lidia menekankan pentingnya pemutakhiran data pemilih yang akurat dan penggunaan teknologi untuk mendukung kelancaran proses pemilihan.Teknis pelaksanaan E-Coklit di dalamnya kita akan membahas terkait aplikasi E- Coklit yang tentunya akan kita pakai dalam tahapan kecocokan dan penelitian data yang sesuai tahapan itu akan di mulai tanggal 24 Juni- 24 Juli 2024.

Lanjut Malonda, sebagai persiapan tahapan tersebut tentu yang kita akan lakukan secara berjenjang. Bimtek ini sendiri telah dilakukan dan telah kami ikuti se Indonesia yang dilaksanakan oleh KPU RI, selanjutnya oleh KPU Provinsi Sulut, dan sudah di laksanakan oleh KPU Minahasa untuk semua PPK. Untuk materi yang sama.
Ini akan menjadi acuan dalam pelaksanaan Coklit Pilkada 2024.
Sangat perlu untuk kita pelajari bersama agar proses Coklit boleh berjalan dengan lancar dan tentu sesuai dengan aturan yang ada.

“Terkait dengan mekanismenya sudah di delegasikan kepada bapak ibu PPK untuk menyampaikan materi hingga di harapkan bapak/ibu PPS peserta Bimtek saat ini agar tidak mengurangi sedikitpun tujuan pelaksanaan Bintek ini. Harus tetap menyerap semua informasi dalam Bimtek ini sehingga diharapkan dalam pelaksanaannya bisa lancar tentu mengacu pada aturan dan regulasi yang ada, tegasnya”.

Peserta Bimtek terdiri dari anggota PPS wilayah 4, yang mencakup Kecamatan Tompaso Barat, Kecamatan Kawangkoan, Kecamatan Kawangkoan Barat, Kecamatan Kawangkoan Utara, dan Kecamatan Sonder. Total peserta yang mengikuti Bimtek ini berjumlah 177 anggota.

Materi Bimtek disampaikan oleh Ketua PPK di lima kecamatan yang ada di wilayah 4. Jumlah anggota PPK yang terlibat dalam pemberian materi ini sebanyak 25 anggota, termasuk para ketua. Setelah penyampaian materi, kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang interaktif.

Dengan adanya Bimtek ini, diharapkan anggota PPS mampu mengaplikasikan ilmu yang telah diberikan, sehingga pemutakhiran data pemilih dapat berjalan dengan baik dan efisien menggunakan aplikasi E-Coklit.(Fonda)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *