Pemkab Minahasa Support Pengendalian Inflasi dan Penanggulangan Polio

Minahasa, Multiverum.com – Penjabat Bupati Minahasa Dr. Jemmy Stani Kumendong M.Si, yang diwakili Asisten II Dr. Arody Arely Tangkere MAP, mengikuti Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi yang dirangkaikan dengan rapat percepatan penanggulangan polio bertempat di Ruangan Minahasa Command Center Kantor Bupati Minahasa, Senin (24/6/24).

Rakoor Pengendalian Inflasi diselenggarakan Kementerian Dalam Negeri R.I, dipimpin Mendagri Jendral Pol. (Purn) Prof. Drs. H Muhammad Tito Karnavian MA, P.hd.

Mendagri menyampaikan kepada Kepala Daerah untuk menghimbau seluruh warga agar meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran penyakit polio.

Dalam rapat yang dihadiri oleh para pejabat daerah, isu kesehatan menjadi salah satu fokus utama selain pengendalian inflasi.

Tito Karnavian menyampaikan Penyakit polio, yang disebabkan oleh virus poliovirus, dapat mengakibatkan kelumpuhan dan bahkan kematian pada anak-anak yang tidak divaksinasi. Meskipun Indonesia telah dinyatakan bebas polio pada tahun 2014, munculnya kasus-kasus baru di beberapa wilayah mengharuskan adanya kewaspadaan kita bersama

Ia menekankan pentingnya imunisasi lengkap bagi anak-anak di bawah usia lima tahun. “Vaksinasi adalah langkah paling efektif untuk mencegah polio. Kami mengimbau seluruh orang tua agar memastikan anak-anak mereka mendapatkan vaksin polio secara lengkap.” Ujar Tito

Selain fokus pada pencegahan polio, rakor inflasi kali ini juga membahas berbagai isu strategis lainnya seperti stabilitas harga bahan pokok, peningkatan kesejahteraan masyarakat, dan langkah-langkah untuk mengatasi dampak ekonomi.

Mendagri mengatakan di Indonesia cakupan imunisasi dasar turun dari 84,2 persen pada tahun 2020 manjadi 79,6% pada 2021. Ha ini berisiko bagi anak anak di Indonesia dan dapat dicegah dengan vaksin difteri, tetanus, campak, rubella dan polio.

Pada tahun 2023, Indonesia dapat mencapai cakupan imunisasi lebih dari 95%. Kolaborasi yang erat antar kementerian lembaga dan sektor menjadi kunci untuk mengejar imunisasi bagi anak yang terlewat imunisasinya pada tahun tahun sebelumnya” Kata Mendagri Tito Karnavian.

Sementara, Pj Bupati Minahasa melalui Asisten II Drs. Arody Arely Tangkere mengatakan terkait dengan penanganan inflasi daerah dimana kabupaten Minahasa masuk nominasi kategori kabupeten berprestasi sehingga dengan momentum itu kita terus menjaga dan mempertahankan Program strategi dari TPID berdasarkan 4K yaitu ketersediaan produksi, Keterjangkauan harga, Kelancaran distribusu dan Komunikasi efektif.

“Oleh karena itu untuk menjaga komoditi yang bergejolak seperti bawang merah dan bawang putih maupun komoditi lainnya maka dalam waktu dekat ini akan diambil langkah langkah kongkrit yaitu sidak pasar dan kunjungan ke sentra sentra produksi dan kerjasama antar daerah” Kata Tangkere.

Tangkere juga menambahkan Pemerintah Kabupaten Minahasa berkomitmen untuk terus berupaya menjaga kesehatan dan kesejahteraan masyarakat melalui berbagai program yang terintegrasi dan berkelanjutan termasuk pencegahan polio yang terjadi kepada anak anak” tutupnya.

Turut hadir, Asisten III, Ka. BPKAD, Kadis Pertanian, Kasat Pol-PP, Kadis Perikanan dan Kelautan, Kadis Pangan, Kadis Perhubungan, Kadis PTSP, Kadis Koperasi, Kabag Ekonomi, serta perwakilan sejumlah OPD yang tergabung dalam TPID. (Fonda)

Redaksi MV: