Ratusan Massa Adolfien Supit “Geruduk” Bawaslu dan KPU Tomohon

Tomohon, Multiverum.com – ratusan massa pendukung caleg terpilih dari PDIP, Ir Adolfien Supit menggeruduk Kantor Bawaslu dan KPU Kota Tomohon, pada, Senin (24/06-2024).

Ratusan massa yang menamakan dirinya Aliansi Masyarakat Pemerhati Demokrasi (AMPD) Tomohon mempertanyakan keputusan sepihak Bawaslu dan KPU, yang bakal mendiskualifikasi Adolfien yang sebelumnya sudah dinyatakan lolos administratif dalam tahapan DCS dan DCT.

“Jelas kami kecewa dan tak menerima putusan yang bakal diambil pihak Bawaslu dan KPU Tomohon ini,” ungkap Steve, warga Kakaskasen mewakili ratusan massa.

Lanjutnya, kami harap Bawaslu dan KPU Tomohon tetap dalam putusan awal dan melantik Adolfien Supit ke depannya. Kami menduga ada pihak pihak yang sengaja memperkeruh masalah ini, yang membuat Bawaslu dan KPU Tomohon berlagak plin plan. Kami minta Adolfien tidak dianulir dan tetap dilantik,” tegas mereka.

Disisi lain, Ketua Bawaslu Tomohon, Stenly Kowaas SP menegaskan jika pihaknya dalam hal ini akan mengambil sikap sesuai Perbawaslu Nomor 7 Tahun 2020 dan Perbawaslu Nomor 8 Tahun 2020.

“Kami siap memfasilitasi aspirasi saudara sekalian dan akan meneruskan temuan ini ke Bawaslu Sulut, dimana hal ini berdasarkan temuan dalam Rapat Pleno Penetapan Hasil Pemilihan Calon Anggota DPRD Tomohon yang dilaksanakan oleh KPU Tomohon pada bulan Mei 2024 kemarin,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Tomohon, Albertien VG Pijoh yang menerima ratusan massa pendukung Adolfien Supit tetap kukuh dengan hasil putusannya yang akan menggantikan Adolfien Supit dengan Vonny Mongdong.

“Keputusan ini diambil sudah melalui mekanisme dan aturan yang diputuskan dari sidang Bawaslu Sulut. Bahkan putusan yang diambil sudah melalui hasil konsultasi ke pengadilan negeri, Lapas hingga Bapas, yang menjelaskan jika hasil dari verifikasi faktual ulang yang dilakukan KPU, disimpulkan harus mengubah SK Nomor 200 Tahun 2024 menjadi SK Nomor 236 Tahun 2024, dimana Adolfien Supit akan digantikan oleh Vonny Mongdong,” tukasnya.(nox)

Redaksi MV: