KPU Minahasa Bantah Tudingan Kongkalingkong Anggaran Peluncuran Pilkada 2024

KPU Minahasa Bantah Tudingan Kongkalingkong Anggaran Peluncuran Pilkada 2024

Minahasa, Multiverum.com – Pasca sukses dihelatnya peluncuran Pilkada Minahasa 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa membantah dengan santun terkait pemberitaan yang muncul di salah satu media massa yang menyebut adanya dugaan kongkalingkong terhadap anggaran peluncuran Pilkada tersebut.

Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Minahasa, Arif Kurniawan, menyatakan bahwa pemberitaan tersebut tidak benar. Menurutnya, kegiatan peluncuran Pilkada Minahasa sudah dilakukan sesuai prosedur dan mekanisme yang berlaku. “Tidak benar adanya bahwa pemenang tender peluncuran sudah lebih dulu melakukan aktivitas pekerjaan di lokasi kegiatan. Pengumuman pemenang tender dilakukan pada pukul 24.00 WITA pada hari tersebut, dan pihak perusahaan baru mulai beraktivitas di lokasi pada pagi harinya. Jadi, tudingan yang dimuat di salah satu media itu tidak benar. KPU Minahasa telah melakukan prosesnya sesuai ketentuan yang ada,” ujar Kurniawan, Rabu (3/7/24) siang.

Satu yang memenuhi persyaratan setelah dilakukan verifikasi. Dua perusahaan lainnya dinyatakan tidak memenuhi syarat atau tidak lengkap. “CV Bintang Timur dan CV Reforma melakukan penawaran di E-Catalog, namun CV Bintang Timur tidak menayangkan rincian anggaran serta tidak memenuhi persyaratan yang ditentukan. CV Reforma juga tidak lengkap serta berasal dari luar daerah. CV DNA dinyatakan menang karena merupakan penyedia lokal dan memenuhi syarat yang ditentukan,” jelas Arif, mengutip data dari PPK KPU Minahasa Andry Jupryatna Putra.

Arif menambahkan, KPU Minahasa sangat berhati-hati terkait penggunaan anggaran, sehingga tudingan kongkalingkong tidaklah benar. “Puji Tuhan, dengan dukungan seluruh pihak terkait serta masyarakat Minahasa, peluncuran Pilkada berjalan lancar, aman, dan sukses. Peluncuran Pilkada ini diatur dalam undang-undang sebagai ajang sosialisasi kepada masyarakat bahwa di Minahasa akan diselenggarakan pesta rakyat pada 27 November 2024 mendatang,” terang Arif.(Fonda)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *