Serangan Polio Meningkat, Dinkes Tomohon Sediakan 116 Pos Imunisasi, Para Ortu Diharapkan Gercep

Rully Tumanduk saat memberikan keterangan di Konferensi Pers

Serangan Polio Meningkat, Dinkes Tomohon Sediakan 116 Pos Imunisasi, Para Ortu Diharapkan Gercep

Tomohon, Multiverum.com – Kabid Dinas Kesehatan Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Dinkes Tomohon), Rully Tumanduk, menegaskan, guna mengantisipasi serangan polio yang melanda beberapa daerah seperti di Papua, Aceh, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur, pihaknya kini di Kota Tomohon sudah menyediakan 116 titik pos imunisasi yang ditujukan buat anak di bawah 8 Tahun.

Menurutnya, kejadian serangan polio dibeberapa daerah ini telah menjadi perhatian khusus pemerintah pusat, makanya kami pemerintah daerah harus gerak cepat (Gercep) serta berharap agar para orang tua yang memiliki anak dengan usia dibawah 8 tahun untuk segera membawa anaknya untuk diimunisasi vaksin polio.

“Polio ini sangat berbahaya karena dia menyebabkan kelumpuhan. Dan virus polio ini juga menyebar dengan cepat dan bisa terjangkit lewat penderita yang terpapar virus ini,” ungkapnya dalam konferensi pers yang dilaksanakan Bagian Prokopim Setda Pemkot Tomohon, Jumat, (26/07-2024).

Lanjutnya, buat anak yang sudah divaksin polio juga ada kemungkinan bisa kembali terpapar virus ini lewat penderita polio. Namun kemungkinannya untuk terjangkit sangat kecil, karena sudah di vaksin anti polio. Ada kasus, namun sangat jarang terjadi.

“Kami mengharapkan agar para orang tua segera memperhatikan hal ini dan membawa anaknya untuk divaksin secepat mungkin guna menghindari serangan polio ini,” tukasnya.(nox)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *