Tommy Sumakul : Tangan Bawaslu Tak Cukup Awasi Pilkada Tanpa Bantuan Pengawas Partisipatif

Tommy Sumakul : Tangan Bawaslu Tak Cukup Awasi Pilkada Tanpa Bantuan Pengawas Partisipatif

Minut, Multiverum com – Akademisi Sulut, Dr Tommy Sumakul SH MH mengatakan, Bawaslu didorong untuk mengajak masyarakat meriahkan pemilu 2024 dengan ikut pengawasan Pemilu Partisipatif, dalam upaya meningkatkan kredibilitas dan integritas pemilu. Pengawasan pemilu partisipatif adalah pengawasan proses pemilu yang melibatkan peran serta masyarakat.

“Artinya tidak hanya tanggung jawab penyelenggara pemilu dalam hal ini KPU dan Bawaslu, tapi juga seluruh lapisan masyarakat,” terangnya saat menjadi narasumber dalam Kegiatan Bawaslu Kota Tomohon, dengan agenda Rapat Koordinasi Pengawasan Pemilu Partisipatif oleh Media, Organisasi Masyarakat dan Pemilih Perempuan dalam rangka Pemilihan Tahun 2024, pada (26/07-2024).

Lanjutnya, dalam menuju pemilu yang lebih baik ke depannya memang dalam regulasi pemilu itu dilaksanakan oleh KPU dan Bawaslu, tetapi untuk mewujudkan sebuah proses penyelenggara pemilu yang lebih berintegritas, kredibilitas dan akuntabilitas tanggung jawab, ini menyangkut seluruh lapisan masyarakat.

“Misalnya dalam masa kampanye dan masa tenang, akan muncul celah potensi pelanggaran yang dapat berujung pada tindak pidana pemilu yaitu politik uang atau banyak orang menyebut, money politic. Tentu dalam catatan kelemahan tersebut sangat diperlukan keterlibatan aktif masyarakat dalam pengawasan pemilu 2024, dalam bentuk pengawasan partisipatif untuk melaporkannya ke Bawaslu atau ke pihak berwajib, demi terlaksananya pemilu yang jujur, adil dan berintegritas,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua Bawaslu Kota Tomohon, Stenly Kowaas, Komisioner Bawaslu Tomohon, Handy Tumiwuda.(nox)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *