Semarak Defile Puncak HUT RI ke 79 Diikuti Antusias Puluhan Sekolah SD, SMP dan SMA

Semarak Defile Puncak HUT RI ke 79 Diikuti Antusias Puluhan Sekolah SD, SMP dan SMA

Tomohon, Multiverum.com – Puncak HUT RI ke 79 diwarnai Defile yang diikuti dengan antusias oleh puluhan sekolah dari SD, SMP hingga SMA, pada, Sabtu (17/08-2024).

Defile (Pawai) ini diikuti oleh sekolah-sekolah berbagai tingkatan yang ada di Kota Tomohon dengan rute Start dari Perempatan Cool Supermarket, finish di Kompleks perempatan Sineleyan dan sebelumnya melewati panggung utama Menara Alfa Omega Puskot Tomohon.

Pada kesempatan ini Walikota Tomohon, Caroll JA Senduk SH didampingi Ketua TP PKK, drg Jeand’arc Senduk Karundeng, Sekda, Edwin Roring SE, Kadis Pariwisata, Judhistira Siwu SE, Asisten 1, Drs Boy ODS Mandagi dan puluhan pejabat lainnya menyerahkan Setya lencana Karya Satya 10 tahun, 20 Tahun, dan 30 Tahun, kemudian dilanjutkan dengan Penyerahan sertifikat ASN Pegawai Pemerintah dengan perjanjian kontrak kerja kota Tomohon dan Penyerahan Piagam Penghargaan Tanda Kehormatan Lencana Wredatama Nugraha Madya.

“Kami ucapkan selamat buat para ASN dan kami sangat mengapresiasi atas pengabdian kalian selama ini dalam ikut membangun daerah. Terima kasih juga kepada setiap sekolah yang sudah ikut andil dan mengambil bagian menyemarakan Defile kali ini dengan berbagai atraksi luar biasa. Kami sangat bangga dengan kalian,” ungkap Senduk.

Disisi lain, Kadis Pendidikan Daerah, Dr Dolvien Karwur menerangkan, jadi terkait dengan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia untuk pelaksanaan defile tidak diikuti oleh seluruh mengikuti sekolah. Untuk sekolah yang ikut, dari 67 SD yang ada di Tomohon, hanya beberapa saja yang tampil, untuk tingkat SMP dari keseluruhan 35 SMP hanya 24 sekolah, dan untuk SMA yang berjumlah 11, hanya diikuti 7 SMA dan SMK.

“Jadi memang sudah melalui rapat awal karena sekolah lain juga melaksanakan upacara-upacara di kecamatan sehingga meramaikan kecamatan masing-masing. Hal ini supaya juga terasa bahwa hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ini menjadi milik kita sekalian. Jadi seperti yang ada di Rurukan juga di Tara Tara yang ada melaksanakan upacara di kecamatan masing masing,” ungkapnya.

Diketahui, pada sore hari digelar juga upacara penurunan bendera merah putih dan bertindak sebagai Inspektur Upacara, Kapolres Tomohon AKBP. Lerry Tutu, S.I.K., M.Μ dan dilanjutkan dengan kegiatan Tos Kenegaraan, di lapangan Stadion Parasamya.

Turut hadir dalam kegiatan, Ketua DPRD Kota Tomohon Djemmy J Sundah SE, Kajari Tomohon Alfonsius Loe Mau, S.H., М.Н.,Μ.Η.,Korwil BIN Tomohon Letkol. Ahmad Virgaus dan Mewakili Dandim 1302/ Minahasa Pabung Kota Tomohon Mayor CBA. Novel Maridjan, mewakili Ketua Pengadilan Negeri Tondano, Wakil Ketua DPRD Kota Tomohon Drs. Johnny Runtuwene DEA, Erens Kereh AMKL, Sekretaris Daerah Kota Tomohon Edwin Roring SE ME,Ketua TP PKK Kota Tomohon Ny drg. Jeand’arc Senduk-Karundeng,Para Pejabat Jajaran Pemkot,,BUMN, para tokoh agama dan tokoh masyarakat.(nox)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *