Rojer Datu : KPU Tomohon Siapkan Tenaga KPPS Berkualitas di Pilkada 2024

Rojer Datu : KPU Tomohon Siapkan Tenaga KPPS Berkualitas di Pilkada 2024

Tomohon, Multiverum.com – Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia, KPU Tomohon, Rojer R. Datu, menegaskan, output pelaksanaan kegiatan tersebut adalah komitmen KPU Tomohon untuk merekrut KPPS yang memiliki kehendak kuat mensukseskan Pilkada 2024 dengan berpegang teguh pada prinsip mandiri, jujur, adil, berkepastian hukum, tertib, terbuka, proporsional, profesional, akuntabel, efektif, dan efisien.

“Kami berharap KPPS yang nantinya bertugas di 157 TPS se-Kota Tomohon adalah KPPS yang berkualitas. Tentunya kami KPU Kota Tomohon akan membekali rekan-rekan KPPS ini dengan Bimbingan Teknis diantaranya Pungut Hitung.” Ungkap Rojer didampingi Sekretaris KPU Tomohon, Anita Sofya Tampi dan Kepala Subbagian Hukum dan Sumber Daya Manusia, Greis Winda Tamba saat mengikuti Rapat Koordinasi Persiapan Pembentukan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2024 di Swiss-Belhotel Harbour Bay Kota Batam Kepulauan Riau, 3 – 5 September 2024.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Ketua KPU Mochammad Afifuddin, Anggota KPU Parsadaan Harahap dan Idham Holik.

Pada sambutannya, Afif menyampaikan bahwa KPPS merupakan jajaran badan ad hoc KPU dengan jumlah yang paling besar, akan menjadi ujung tombak KPU di semua TPS untuk bekerja dan memastikan pelaksanaan pilkada difasilitasi dengan baik.

“Harapan saya dalam proses rekrutmen ini agar dapat memilih orang-orang  dengan kategori berpengalaman dan tidak punya masalah,” tutur Afif di depan Ketua, Anggota dan Sekretaris KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota peserta rakor gelombang 1.

Selanjutnya Afif menekankan rekrutmen itu kepada orang yang memikirkan aspek kearifan lokal untuk memilih orang di daerah terdekat, dan memikirkan politik alokatif yakni keterwakilan para pihak seperti perempuan, kelompok pinggir-terpinggirkan, masyarakat adat, dan kelompok marjinal untuk menjadi bagian dan terlibat dalam pelaksanaan Pilkada Serentak 2024.

Diketahui, dalam kegiatan tersebut, KPU menghadirkan beberapa narasumber yang berkompeten di bidangnya yaitu Direktur Politik Dalam Negeri Drs. Syarmadani , M.Si, Tenaga Ahli Bagian SDM KPU RI dan Tenaga Ahli Bawaslu RI dilanjutkan dengan Pengembangan Kapasitas Kiat Melindapkan Konflik dari ARA Indonesia.(*/nox)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *