Rekrutmen KPPS Tomohon Bersaing dengan Rekrutmen PTPS dan Tim Sukses, Kowaas Ingatkan Cari yang Handal

Ketua Bawaslu Kota Tomohon, Stenly Kowaas saat membawakan materi

Rekrutmen KPPS Tomohon Bersaing dengan Rekrutmen PTPS dan Tim Sukses, Kowaas Ingatkan Cari yang Handal

Tomohon, Multiverum com – Ketua Bawaslu Kota Tomohon, Stenly Kowaas mengingatkan para petugas Panitia Pemungutan Suara (PPS) agar benar benar mencari tenaga Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS Tomohon) yang akan bertugas di tiap TPS agar benar benar yang sudah berkualitas, handal dan jago dalam melaksanakan tugasnya nanti, di Pilkada Tomohon 2024 nanti.

Kowaas menerangkan hal ini saat tampil menjadi narasumber di kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) dan Sosialisasi Persiapan Pembentukan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS ), untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kota Tomohon tahun 2024, oleh KPU Tomohon, di Cafe Lumimpasot, Selasa (17/09-2024).

“Perlu diingat, perekrutan tenaga KPPS ini hampir bersamaan dengan perekrutan Petugas TPS (PTPS) dan Tim Sukses oleh setiap Paslon yang mencalonkan diri di Pilkada. Nah, dalam perekrutannya, setiap pihak tentu mencari tim atau tenaga yang handal yang bisa dipercayakan atau dipekerjakan. Makanya saya ingatkan hal ini ke pihak PPS,” terang Kowaas.

Dijelaskannya, hal ini penting menjadi perhatian oleh PPS karena petugas KPPS itu harus direkrut dengan matang agar benar benar kuat, siap dan profesional dalam menjalankan tugasnya selama pemilihan di tiap TPS nanti.

Disamping itu menurut Kowaas, Perekrutan KPPS harus diperhatikan dasar hukumnya, lewat tahapan penerimaan pendaftaran, penerimaan administrasi, pengumuman hasil, penelitian administrasi, penelitian penetapan calon KPPS, pengumuman hasil seleksi dan tanggapan masyarakat. Nah ini imbauan kami akan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam rekrutmen KPPS ini.

“Kami juga minta perekrutan dilakukan lewat seleksi secara terbuka dengan memperhatikan kompetensi, kapasitas integritas dan kepribadian calon KPPS. Komposisinya kan bisa dari tokoh masyarakat, masyarakat umum, pelajar, mahasiswa dan keterwakilan perempuan serta yang terampil penggunaan IT,” singkatnya.

Diketahui, turut hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua KPU Tomohon, Albertien Vierna Pijoh dan para Komisioner KPU Tomohon, Rojer Datu, Arinny Poli dan Deisy Soputan, serta para narasumber.(nox)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *