Tingkatkan Wawasan dan Integritas, 24 Anggota DPRD Ikuti Orientasi

Tingkatkan Wawasan dan Integritas, 24 Anggota DPRD Ikuti Orientasi

Manado, Multiverum.com – 24 anggota DPRD Kota Tomohon mengikuti masa orientasi yang digelar DPRD Kota Tomohon, di Hotel Four Point, Manado, Senin (14/10-2204).

Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah, Masna J. Pioh, S.Sos mewakili Walikota menjelaskan, anggota DPRD mempunyai hak mengikuti orientasi guna melaksanakan fungsi, tugas dan wewenangnya sebagaimana amanat Permendagri nomor 6 tahun 2024 tentang orientasi dan pendalaman tugas anggota DPRD provinsi dan anggota DPRD Kabupaten/Kota.

“Orientasi bertujuan untuk memahami fungsi, tugas dan wewenang DPRD, meningkatkan wawasan kebangsaan dan meningkatkan integritas dan moralitas dalam mengimplementasikan kode etik untuk menjaga martabat, kehormatan, citra dan kredibilitas anggota DPRD.
Orientasi dilaksanakan satu kali pada awal masa jabatan setelah pengucapan sumpah janji sebagai anggota DPRD. penyelenggaraan orientasi bagi anggota DPRD kabupaten/kota, dilaksanakan oleh bpsdmd provinsi yang menyelenggarakan fungsi pengembangan kompetensi sumber daya manusia,” Masna.

Lanjutnya, kegiatan orientasi ini merupakan langkah awal yang sangat penting dalam perjalanan anggota DPRD sebagai wakil rakyat yang memiliki peran dan tanggung jawab yang besar bukan hanya menjadi wakil rakyat, tetapi juga sebagai mitra strategis pemerintah daerah dalam merumuskan kebijakan, mengawasi pelaksanaan program serta mendorong kemajuan dan kesejahteraan masyarakat

“Untuk itu penting bagi kita semua selalu berpegang pada prinsip – prinsip transparansi, akuntabilitas dan integritas dalam setiap langkah yang kita ambil. kerja sama yang harmonis antara eksekutif dan legislatif, serta partisipasi aktif dari seluruh elemen masyarakat akan menjadi kunci dalam mencapai tujuan pembangunan yang telah ditetapkan. mari kita jadikan orientasi ini sebagai momentum untuk memperkuat komitmen bersama dalam mewujudkan Kota Tomohon yang semakin maju, berdaya saing dan sejahtera,” urainya.

Turut Hadir, Kaban BPSDMD Provinsi Sulut Drs. Marhaen R. Tumiwa, M.Pd., Ketua DPRD Kota Tomohon Ferdinand Mono Turang, S.Sos bersama Anggota DPRD Kota Tomohon., Sekwan DPRD Kota Tomohon Steven Waworuntu, S.STP, MAP.(nox)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *