Bila Keadaan “Darurat” Karena Kebakaran atau Kecelakaan, Nanti Masyarakat Bisa Hubungi Layanan “119”

Bila Keadaan “Darurat” Karena Kebakaran atau Kecelakaan, Nanti Masyarakat Bisa Hubungi Layanan “119”

Tomohon, – Staf Ahli Walikota, dr Olga Karinda M Kes membuka kegiatan pelatihan petugas PSC (Public Safety Centre) 119, yang dilaksanakan di Hotel Grand Master, senin (26/04/2021).

Dalam kegiatan tersebut, Olga menjelaskan jika pelayanan kesehatan terbaik, merupakan hak dasar seluruh masyarakat.

“Dengan adanya pelatihan petugas PSC 119, diharapkan akan dapat meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat sesuai dengan misi kami dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat diberbagai sektor,” terang Olga.

Lanjutnya, pelatihan ini akan meningkatkan kemampuan dan keterampilan petugas PSC dalam pelayanan gawat darurat, sehingga semakin memudahkan masyarakat untuk dapat mengakses layanan, kegawatdaruratan melalui aplikasi ini agar masyarakat pun mendapatkan respon penanganan secara cepat dan tepat.

“Mengingat pentingnya pelatihan ini, maka diharapkan pula agar peserta, juga panitia pelaksana dapat mengikuti pelatihan secara sungguh-sungguh, serta dapat memanfaatkan momen ini dan dapat menjadi modal atau spirit untuk terus berbuat baik bagi masyarakat Kota Tomohon di masa-masa mendatang,” harapnya.

Sebelumnya, Kadis Kesehatan Daerah Kota Tomohon, dr Deesje Liuw M Biomed menjelaskan, PSC 119 merupakan tim layanan cepat tanggap darurat, yang tugasnya adalah membantu penanganan kesehatan yang tidak hanya berhubungan dengan kecelakaan, tetapi juga pada keadaan atau situasi kritis di masyarakat.

“Gunakan aplikasi atau call centre 119 ini jika ada kecelakaan atau kebakaran. Program ini diatur dalam Permenkes Nomor 19 Tahun 2016, tentang sistem penanggulangan gawat darurat terpadu, pemerintah daerah bertugas dan bertanggung jawab membentuk pusat pelayanan keselamatan terpadu (Publik Safety Centre).

Narasumber dalam kegiatan ini dari unsur Dinas Kesehatan Kota Tomohon, sedangkan pesertanya terdiri dari para petugas sopir Ambulance PSC 119, petugas operator, dan para petugas medis.(nox)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *