Senator SBANL Minta KKP RI Perbanyak Pelatihan Buat Nelayan dan Pembudidaya Ikan di Masa Pandemi

Senator SBANL Minta KKP RI Perbanyak Pelatihan Buat Nelayan dan Pembudidaya Ikan di Masa Pandemi

Tomohon, Multiverum.com – Anggota Komite II DPD RI, Ir Stefanus BAN Liow MAP membuka secara resmi kegiatan pelatihan Kementrian Kelautan dan Perikanan RI (KKP), yakni Pelatihan Penanganan Ikan Hasil Tangkap di Kabupaten Minahasa, dan Pelatihan Pembesaran Ikan Lele dengan Sistem Bioflok di Kabupaten Minahasa Utara, pada hari Kamis (29/04-2021).

Dalam sambutannya lewat Zoom Meeting, Senator SBANL alias Stefa, meminta pihak terkait untuk terus melaksanakan kegiatan seperti ini, demi menopang dan membantu pembudidaya ikan dan nelayan di Sulut.

“Program ini adalah bagian perwujudan sinergitas Komite II DPD RI dengan salah satu mitra kerjanya yaitu Kementerian Kelautan dan Perikanan RI. Saya berharap pelatihan yang difasilitasi Badan Riset dan SDM Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, dalam hal ini Pusat Pelatihan dan Penyuluhan Kelautan dan Perikanan melalui Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BPPP) Bitung, dapat meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan karakter para nelayan serta tentunya meningkatkan nilai tambah keluarga dan kesejahteraan masyarakat, di masa pandemi Covid-19,” ungkapnya.

Lanjut Senator Stefa, tentu saja kami harus memberikan apresiasi kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, atas perhatian dan kepedulian bagi masyarakat di daerah Sulawesi Utara, diantaranya melalui kegiatan pelatihan, sembari meminta berbagai program dan kebijakan strategis terus hadir untuk kesejahteraan rakyat dan daerah Sulawesi Utara, termasuk di Kabupaten dan Kota.

“Apalagi Gubernur Sulut, Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Sulut, Drs Steven Kandouw bersama jajarannya terus berupaya melakukan lompotan-lompatan perjuangan untuk Sulut semakin hebat, didalamnya dibidang kelautan dan perikanan,” pungkas Senator kebanggaan masyarakat Sulut ini.

Sebelumnya, sambutan disampaikan oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Utara, Dr Ir Tineke Adam MSi dan Kepala Pusat Pelatihan dan Penyuluhan Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, Dr Lilly Aprilya Pregiwati, SPi MSi.

Sementara itu, dalam laporannya, Kepala Balai Pelatihan dan Penyuluh Perikanan (BPPP) Bitung, Ahmat Ridloudin ST MP menyampaikan, pelatihan dilaksanakan selama dua hari, sejak tanggal 29-30 April 2021.

“Pelatihan penanganan ikan hasil tangkapan di Kabupaten Minahasa, sedangkan pelatihan pembesaran ikan lele dengan sistem bioflok di Kabupaten Minahasa Utara. Masing-masing pelatihan diikuti 30 orang masyarakat pelaku utama kelautan dan perikanan dalam hal ini nelayan dan pembudidaya ikan. Peserta pelatihan dibekali oleh Instruktur dari BPPP Bitung bersama para penyuluh perikanan,” singkatnya.(nox)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *