Peduli Keamanan dan Perlindungan Masyarakat, Kecamatan Ratahan Timur Bentuk Satlinmas

Peduli Keamanan dan Perlindungan Masyarakat, Kecamatan Ratahan Timur Bentuk Satlinmas

Mitra, Multiverum.com – Camat Ratahan Timur, Meytha Ompi mengukuhkan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas), guna menjaga ketertiban dan memberikan perlindungan kepada masyarakat.

“Pembentukan Satlinmas ini berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 26 tahun 2020, tentang penyelenggaraan ketertiban umum dan ketenteram serta perlindungan masyarakat,” tegas Meytha, Jumat (30/04-2021).

Dijelaskannya, sudah tugas dari pemerintah untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi warga dalam hidup bermasyarakat. Dalam membentuk satuan ini, kami membentuk beberapa warga yang dibekali dengan ketrampilan dan pengetahuan, dalam menjaga ketertiban umum.

“Mereka ini yang akan menjadi ujung tombak dalam menjaga ketertiban di tengah masyarakat kedepannya,” ungkap Meytha.

Lanjutnya, jika terdapat gesekan ditengah masyarakat yang memungkinkan terciptanya konflik, satlinmas ini yang akan segera menanganinya. Tentu apabila berlanjut, satlinmas akan diback up aparat keamanan agar konflik yang terjadi tak meluas.

“Menimbang wilayah dan keadaan daerah kami cukup rawan, maka satlinmas ini diharapkan mampu mendeteksi lebih awal biar masalah tak meluas,” jelas Camat.

Diketahui, sebelumnya pada Kamis (29/4/2021) kemarin, telah dilakukan pengukuhan Satlinmas di Desa Wioi, Wioi Satu, Wioi Dua dan Wioi Tiga. Hal ini ditambahkan Kepala Seksi Kentraman dan Ketertiban Kecamatan Ratahan Timur, Dristy S Tora SH

“Untuk hari ini merupakan giliran Satlinmas di Desa Pangu, Pangu Satu Dan Pangu Dua untuk dikukuhkan, kemudian pada Senin pekan depan akan dilanjutkan pengukuhan Satlinmas Desa Wongkai, Wongkai Satu dan Wioi Timur,” pungkas Dristy.(nox)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *