Walikota Salurkan Hewan Kurban Ke Lima Mesjid di Tomohon

Walikota saat menyerahkan hewan kurban ke pengurus mesjid

Walikota Salurkan Hewan Kurban Ke Lima Mesjid di Tomohon

Tomohon, Multiverum.com – Walikota Tomohon Tomohon, Caroll Joram Azarias Senduk SH menyerahkan secara Simbolis tujuh hewan kurban bagi warga muslim, dalam rangka perayaan Idul Adha 1442 Hijriah, di lapangan Kantor Walikota, pada Senin, (19/07-2021).


Dalam penyerahan kurban yang di terima oleh pengurus Masjid, Walikota menjelaskan, atas nama pemerintah dan segenap lapisan masyarakat kota tomohon, serta atas nama pribadi dan keluarga Senduk-Karundeng beserta Wakil Walikota Tomohon, Wenny Lumentut SE bersama keluarga Lumentut-Sangi, kami menyampaikan selamat merayakan hari raya idul adha 1442 Hijriyah, kepada segenap umat muslim di kota Tomohon.


“Dengan mengumandangkan takbir, tahmid dan tahlil, untuk mengagungkan kebesaran Allah Subhanahu Wata Allah (SWT) hari Raya Idul Adha ini merupakan hari besar kemanusian dan keimanan umat muslim yang ditandai dengan syi’ar penyembelihan hewan kurban, yang mana untuk mengenang pengorbanan Nabi Ibrahim Alaihissalam,” jelasnya.


Lanjutnya, meskipun peringatan perayaan idul adha di dua tahun ini sangatlah berbeda dikarenakan pandemi covid-19, maka seluruh kegiatan yang dilakukan masih dibatasi dengan menerapkan protokol kesehatan, termasuk penyerahan hewan qurban yang biasanya dilakukan di masing-masing masjid karena situasi covid-19 yang makin meningkat saat ini, sehingga tidak memungkinkan dilakukan di masing-masing masjid. 


“Hari raya idul adha ini merupakan momentum ketakwaan, keikhlasan dan kepasraan yang harus kita pertahankan bahkan ditingkatkan, terkandung nilai-nilai sosial kemanusian mengajarkan untuk mencintai sesama, saling menolong, dan saling memberi agar terjalin keharmonisan dalam kehidupan beragama,” jelasnya.


Ditambahkannya, pada kesempatan yang berbahagia ini, pemerintah Provinsi telah menyiapkan 1 ekor hewan kurban, pemerintah kota Tomohon 2 ekor hewan kurban dan bank SulutGo 3 hewan kurban untuk umat muslim di kota Tomohon. Pemberian bantuan hewan kurban selain bertujuan untuk mendekatkan diri kepada allah sang pencipta, juga untuk meningkatkan kepedulian kepada kaum yang lemah dan miskin, sehingga terbina rasa persaudaraan yang lebih erat antara pemerintah dengan masyarakat muslim. sesuai dengan misi pertama Walikota dan Wakil Walikota Tomohon yaitu, menjaga dan melestarikan kota tomohon sebagai kota religius,” pungkasnya.


Diketahui, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara memberikan bantuan 1 ekor Sapi hewan kurban untuk Masjid Nurul Iman Kampung Jawa, sedangkan Pemerintah Kota Tomohon memberikan bantuan 2 ekor sapi hewan kurban masing-masing 1 ekor sapi kepada Masjid Al-Mujahidin Matani dan Masjid Nurul Iman Kampung Jawa, serta Bank SulutGo memberikan bantuan 3 ekor sapi hewan kurban masing- masing 1 ekor kepada Masjid Al-Mujahidin Matani, Masjid Nurul Iman Kampung Jawa dan Masjid Al- Mujahirin Uluindano.


Kegiatan ini dihadiri juga oleh Kajari Tomohon, Fien Ering SH MH, Anggota DPRD Kota Tomohon, Noldie Lengkong, Penjabat Sekretaris Daerah Kota Tomohon, Jemmy Ringkuangan, Ketua DPC Nadhlatul Ulama Kota Tomohon, Zamroni Khan, Pimpinan Pengurus Masjid Se- Kota Tomohon dan Jajaran Pemerintah Kota Tomohon.(nox)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *