Toar Pandeirot : Kesetaraan Gender Hak Mutlak Pemerintah Entaskan Kemiskinan di Tomohon

Toar Pandeirot foto bersama peserta usai kegiatan.

Toar Pandeirot : Kesetaraan Gender Hak Mutlak Pemerintah Entaskan Kemiskinan di Tomohon

Tomohon, Multiverum.com – Assisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kota Tomohon, Toar Pandeirot, SPd MM menegaskan, kesetaraan gender adalah bagian utama dari strategi pembangunan dalam rangka untuk memberdayakan masyarakat, guna mengentaskan diri dari kemiskinan dan upaya peningkatan taraf hidup masyarakat secara kompleks.


Hal ini dijelaskannya saat mewakili Walikota Tomohon, dalam Koordinasi dan Sinkronisasi Pelaksanaan PUG (Pengarusutamaan Gender) Kewenangan Kota Pemerintah Kota Tomohon, yang dilaksanakan di Rumah Dinas Walikota, Kamis (16/09/2021).


“Pada dasarnya gender merupakan persoalan pokok suatu tujuan pembangunan, jadi kesetaraangender akan memperkuat kemampuan negara untuk berkembang, mengurangi kemiskinan dan mengakhiri kesenjangan ekonomi,” jelasnya.


Lanjutnya, diharapkan kedepannya kita dapat bersinkronisasi dalam setiap program dan kegiatan yang ada di Perangkat Daerah dengan melihat dan merespon kesetaraan gender sesuai dengan kebutuhan Perangkat Daerah masing-masing, sehingga kedepannya dipastikan seluruh masyarakat, baik laki-laki dan perempuan akan terlibat dalam proses pembangunan guna terwujudnya keadilan dan kesetaraan gender.


Sebelumnya, Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Daerah Kota Tomohon, dr John Lumopa sebagai pihak pelaksana kegiatan menjelaskan, kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman serta mengevaluasi kembali evaluasi Pengarusutamaan Gender (PUG) dalam penerapannya pada program kegiatan disegala bidang maupun kebijkan-kebijakan yang menunjang pembangunan yang ada di Kota Tomohon .
“Kegiatan ini juga bertujuan antara lain untuk memperoleh data dan informasi dari Perangkat Daerah tentang pelaksanaan PUG, memperoleh gambaran atau situasi kondisi yang ada di Perangkat Daerah baik program maupun kegiatan atau kebijakan yang responsif gender,” singkatnya.


Hadir sebagai narasumber, unsur Akademisi Willem Tumbuan SE MSc PHd sebagai Dosen Fakultas Ekonomi Unsrat. Sementara untuk peserta kegiatan, para Sekretaris Dinas/Badan Perangkat Daerah Kota Tomohon.(nox)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *