Peduli Hutan Lindung, Komunitas Anak Muda Lestari Bumi Hijau Tanam Bibit Pohon di Kawasan Gunung Soputan

Aksi tanam pohon yang dilakukan di kawasan Gunung Soputan.

Peduli Hutan Lindung, Komunitas Anak Muda Lestari Bumi Hijau Tanam Bibit Pohon di Kawasan Gunung Soputan

Langowan, Multiverum.com – peduli akan keberadaan hutan yang asri dan hijau, komunitas anak muda yang bernaung dalam Lestari Bumi Hijau didukung oleh KPSDA Ta’aretes dan Kahyaan Hikers serta beberapa anggota pencinta alam lainnya, berinsiatif melakukan kegiatan di Base Camp Elas Wangker via Desa Tumaratas Kecamatan Langowan Barat, dengan bentuk kegiatan antara lain rehabilitasi hutan dengan cara penanaman bibit pohon, serta pemasangan plang tanda peringatan untuk membawa pulang sampah dari base camp dan juga pembuatan bak air untuk memudahkan para pendaki untuk menikmati mata air. 


Dijelaskan Ketua Umum Lestari Bumi Hijau, Brivi Lotulung, kali ini kami memilih kawasan Gunung Soputan, yang merupakan Hutan Lindung yang berada di dua kabupaten Minahasa dan Minahasa Tenggara. Saat ini Gunung Soputan menjadi tempat paling hits bagi para pendaki-pendaki, dan menjadi tujuan mereka untuk menghabiskan akhir pekan.

“Seiring maraknya aktivitas pendakian setiap akhir pekan pasti menyebabkan efek negatif yang merusak alam, diantaranya sampah yang tidak dikelola dengan baik, dan banyaknya pohon yang ditebang untuk digunakan sebagai api unggun. Ini yang kami kritisi dari mereka, karena hanya memikirkan kepentingan sendiri dengan merusak alam,” ungkap Brivi, (20/09-2021) kemarin.


Dijelaskannya, kegiatan ini juga bertepatan dengan syukuran ulang tahun yang pertama Lestari Bumi Hijau. Sebelumnya kami sudah melakukan kegiatan yang sama dibeberapa lokasi, dengan berkoordinasi dengan aparat pemerintah setempat. 


“Kami sangat berharap kegiatan ini dapat berdampak yang positif bagi kelestarian alam, serta mengajak para pendaki atau para penikmat keindahan alam yang sering beraktivitas di alam Hutan Lindung Gunung Soputan serta di Gunung manapun, agar dapat lebih sadar akan menjaga kebersihan dengan membawa pulang sampah dan tidak merusak alam yang indah ini, agar anak cucu kita dapat tetap menikmati. Kalau bukan kita siapa lagi, kalau bukan sekarang kapan lagi,” jelasnya sembari mengajak para pecinta dan peduli alam melakukan hal yang sama. Ayo tanam pohon, bawa pulang sampah mu, Forest Make Earth Better, Salam Lestari !!!.(nox)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Deprecated: elementor/element/post/ekit_page_settings/before_section_end is deprecated since version 2.7.0! Use `elementor/element/wp-post/ekit_page_settings/before_section_end` or `elementor/element/wp-page/ekit_page_settings/before_section_end` instead. in /home/u826901478/domains/multiverum.com/public_html/wp-includes/functions.php on line 5092