Kebanggaan Buat Warga Kota, Wapres Tetapkan Tomohon Sebagai Kota Toleransi Se – Indonesia

Walikota saat mendampingi Gubernur Sulut ketika menerima predikat Tomohon Kota Toleran

Kebanggaan Buat Warga Kota, Wapres Tetapkan Tomohon Sebagai Kota Toleransi Se – Indonesia

Tomohon, Multiverum.com – Wakil Presiden RI, Prof Dr (H.C.) KH Ma’ruf Amin menetapkan Kota Tomohon sebagai Kota Toleransi se – Indonesia, saat menghadiri dan membuka Pekan Kerukunan Internasional dan Konferensi Nasional (KONAS) Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) ke-6 se-Indonesia, yang dilaksanakan di Hotel Sutan Raja, Jumat (19/11-2021).


Pada kegiatan ini Kota Tomohon ditetapkan sebagai Kota Toleransi Se- Indonesia yang ditandai dengan Penandatanganan Prasasti oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Prof. Dr. (H.C.) K.H. MA’RUF AMIN yang didampingi oleh  Sekjen Asosiasi FKUB, Gubernur Sulawesi Utara dan Walikota Tomohon
Wapres yang turut didampingi Menteri Tenaga Kerja RI, Menteri Koperasi dan UKM RI.

Wapres dalam kesempatan tersebut menjelaskan, dengan kondisi masyarakat Indonesia yang majemuk dan memiliki perbedaan latar belakang agama, suku, adat dan budaya, para pendiri bangsa (founding fathers) telah berhasil merumuskan Pancasila sebagai dasar negara yang merupakan kesepakatan (konsensus) nasional.


“Hal ini dapat terwujud karena masing-masing pendiri negara memiliki rasa empati, toleran, dan tidak egois serta lebih mengedepankan kepentingan bersama dari pada kepentingan kelompoknya masing-masing,” tutur Wapres.


Lanjutnya, sikap-sikap positif ini harus kita rawat, kita jaga, kita pelihara demi tetap berlangsungnya keutuhan bangsa dan negara Republik Indonesia yang harus kita wariskan kepada generasi sesudah kita khususnya kalangan milenial, generasi Z, dan generasi yang lebih belia lagi.


“Masyarakat Sulut mampu merawat keutuhan bangsa dengan meneruskan jejak para _founding fathers_ menumbuhkan nilai-nilai toleransi.Untuk itu, saya menyampaikan penghargaan dan apresiasi kepada masyarakat Sulut yang telah berperan menciptakan kerukunan antar warga tanpa melihat latar belakang agama, suku, dan budaya. Saya bangga dengan masyarakat Sulawesi Utara yang selama ini dikenal sebagai masyarakat yang toleran,” puji Wapres.


Di akhir sambutannya, Wapres pun secara resmi mencanangkan Kota Tomohon sebagai Kota Toleransi.


Sementara itu, Walikota Tomohon pun memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada tokoh-tokoh agama dan seluruh  masyarakat kota Tomohon yang bersinergi dengan Pemkot sehingga kota Tomohon boleh mendapat pengakuan sebagai kota toleransi se-indonesia yang dibuktikan dengan dicanangkannya kota Tomohon sebagai kota toleransi oleh wakil presiden RI. 


“Saya berharap kiranya kerukunan yang telah tercipta selama ini akan tetap dijaga dan lestarikan. Terima kasih kepada pemerintah pusat dan terima kasih kepada bapak wakil presiden yang telah mencanangkan kota Tomohon sebagai kota toleransi se-indonesia,” singkatnya.(nox)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *