Somasi Pedagang Tak Ditanggapi, PD Pasar Tomohon Justru Menilai Kami Sudah “Berbaik Hati”

Penertiban pedagang yang dilakukan Pihak PD Pasar dan Satpol PP Tomohon

Somasi Pedagang Tak Ditanggapi, PD Pasar Tomohon Justru Menilai Kami Sudah “Berbaik Hati”

Tomohon, Multiverum.com – adanya somasi terkait penertiban lapak pedagang buah di Pasar Wilken Kota Tomohon beberapa waktu lalu ke pihak Pemerintah Kota yang dilakukan PD Pasar beserta Satpol PP Kota Tomohon, membuat Direktur Utama PD Pasar Kota Tomohon angkat bicara.

Kepada sejumlah wartawan, Yanes Posumah menjelaskan, hal pertama yang perlu diluruskan adalah adanya kalimat jika pihaknya tak berperikemanusiaan. Menurut pandangan kami hal tersebut tak beralasan karena pihak kami justru adalah pelindung kaum pedagang yang sebenarnya.

“Sesuai perda Nomor 7 tahun 2017 yang menjelaskan, tidak ada yang membenarkan pedagang berjualan di bahu jalan atau pun trotoar. Makanya kami bertindak atas dasar aturan tersebut. Apalagi hal ini dilakukan setelah para pedagang resmi yang berada di dalam kompleks pasar melakukan protes, karena dagangan mereka tak lagi laku akibat para konsumen sudah direbut para pedagang yang berada di luar, dimana mereka berjualan bukan di tempat yang legal oleh aturan,” terang Posumah, Selasa (06/09-2022).

Lanjutnya, sebelumnya kami dari pihak PD Pasar telah menyediakan lapak bagi para pedagang yang berada di tempat yang ditertibkan. Tapi tak berapa lama kemudian mereka meninggalkan lapak tersebut, dan kembali berjualan di area yang dilarang oleh aturan. Kami juga harus berpikir realistis dimana kami harus membela para pedagang yang mengikuti aturan berjualan di lapak yang resmi, yang dalam hal ini yang disediakan pihak PD Pasar.

“Pada intinya kami berjalan dan melakukan apa yang disesuaikan dengan aturan. Yang pasti sekali lagi kami sudah pernah berbaik hati menawarkan dan bahkan memberikan mereka lapak di dalam kawasan pasar, tapi mereka memilih untuk berdagang di daerah yang dilarang aturan,” kuncinya.(nox)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *