Para Guru di Tomohon Diberi Penguatan Pendidikan Karakter

Walikota Tomohon, Caroll Senduk saat membawakan sambutan

Para Guru di Tomohon Diberi Penguatan Pendidikan Karakter

Tomohon, Multiverum.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Kota Tomohon menggelar kegiatan Pendidikan Karakter Guru, bertempat di AAB Quest House Tomohon, 15 s.d 17 november 2022.

Diketahui, Walikota Tomohon Caroll J A Senduk SH, didampingi Ketua TP PKK, drg Jeand’arc Senduk Karundeng hadir dalam kegiatan tersebut.

Walikota Tomohon dalam sambutannya menjelaskan, tujuan penguatan pendidikan karakter guru di Tomohon adalah membangun dan membekali pelajar, guna menghadapi dinamika perubahan dimasa depan, mengembangkan platform pendidikan nasional yang meletakkan pendidikan karakter sebagai jiwa utama dengan memperhatikan keberagaman budaya indonesia, merevitalisasi dan memperkuat potensi dan kompetensi ekosistem pendidikan.
 
“Peran guru di Tomohon sangat penting dalam pendidikan. Guru harus menjadi sosok yang mencerahkan, memupuk nilai kasih sayang, keteladanan,  perilaku, moralitas, nilai-nilai kebhinnekaan. Inilah sejatinya pendidikan karakter yang menjadi inti dari pendidikan yang sesungguhnya,” ungkapnya.

Dijelaskannya, Guru hendaknya dapat melekat dengan anak didiknya sehingga dapat mengetahui perkembangan anak didiknya. Tidak hanya dimensi intelektualitas saja, namun juga kepribadian setiap anak didiknya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Kota Tomohon Dr Juliana Karwur M Kes MSi menambahkan, pendidikan karakter saat ini lebih mengarah kepada para guru yang nantinya berdampak pada anak didik seiring dengan pencapaian belajar Pancasila, membentuk manusia yang berkarakter, tetapi juga bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, maka lebih mengarah juga pada pembinaan kerohanian, pembinaan kerohanian kepada anak didik tentu didadahului dari para guru sebagai teladan.
 
Ikut hadir, Ir Peter T Djoeng sebagai Direktur program pelatihan karakter kerohanian guru Indonesia dan ketua program pendidikan di Yasayan Kaki Dian Emas, Direktur Study Center Jakarta Benny Wijaya SE, Direktur Sekolah Alkitab FTTI Ir Wong Budi Sekawan MM.(nox)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *