Pemkot Tomohon Apresiasi Festival Sineleyan dengan Deklarasi dan Pengukuhan Komunitas Peduli Sungai

Pelepasan benih ikan dan pembersihan telaga Sineleyan yang dilakukan dalam Festival Sineleyan

Pemkot Tomohon Apresiasi Festival Sineleyan dengan Deklarasi dan Pengukuhan Komunitas Peduli Sungai

Tomohon, Multiverum.com – Pemerintah Kota (Pemkot Tomohon) melalui Walikota Tomohon yang diwakili Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Kota Tomohon, Drs. O. D. S Mandagi, MAP mengapresiasi kepada Balai Kepala Sungai Sulawesi 1 sebagai perpanjangan tangan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat khususnya dalam pengolaan sumber daya air di provinsi sulawesi utara, yang telah mengupayakan keselarasan pengolahan sungai dengan melibatkan pemerintah, perguruan tinggi dan komunitas sungai, di Telaga Sineleyan.

Hal ini dikatakan Mandagi saat membuka Festival Sineleyan yang dirangkaikan dengan deklarasi dan pengukuhan komunitas peduli sungai dalam rangka hari air sedunia ke-31, yang dilaksanakan di Telaga Sineleyan Tomohon pada Jumat, (03/03-2023).

“Pemanfaatan sungai dan danau sangat penting bagi kehidupan manusia dan makhluk hidup. Kegiatan ini patut mendapatkan apresiasi terutama atas inisiatif Balai Sungai dan unsur terkait lainnya yang peduli akan keberadaan telaga Sineleyan di Tomohon,” jelas Mandagi

Dijelaskannya, penyelenggaraan seminar workshop festival danau sineleyan yang bertujuan untuk meningkatkan peran aktif masyarakat dalam rangka pelestarian sungai serta edukasi kepada masyarakat terkait kegiatan kepariwisataan dan ekonomi kreatif, sangatlah tepat.

“Hal ini jelas akan menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk menjaga sekaligus melestarikan sumber daya alam dan kepariwisataan yang perlu ditransformasikan menjadi nilai tambah ekonomi guna memberikan kesejahteraan bagi masyarakat Tomohon,” ungkapnya.

Ditambahkannya, mewakili pemerintah kami mengajak seluruh elemen untuk peduli dan senantiasa mendorong motivasi pada masyarakat guna menjaga kelestarian dan potensi alam dalam rangka mendukung kegiatan kepariwisataan dan ekonomi kreatif.

“Kami juga mengharapkan dukungan dari semua pihak guna mewujudkan dan menyukseskan misi Tomohon sebagai kota wisata dunia,” harap Mandagi.

Diketahui, turut hadir Kepala Balai Sungai Sulawesi 1, Ir. I Komang, MT., Kepala Sub. Bagian Umum dan Tata Usaha Balai Wilayah Jacklin Tahar, SE., Pejabat pembuat komitmen balai wilayah sungai sulawesi 1 Muhamad, MT., Ketua panitia festival Danau Sineleyan sekaligus staf khusus walikota Tomohon Jemmy Makasala., serta jajaran pemerintah kota Tomohon.(nox)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *