Kakaskasen Dua Wakili Sulut di Top 75 Anugerah Desa Wisata 2023

Wilayah keindahan yang ada di Kakaskasen Dua

Kakaskasen Dua Wakili Sulut di Top 75 Anugerah Desa Wisata 2023

Tomohon, Multiverum.com – warga Kota Tomohon patut berbangga dengan terpilihnya Kakaskasen Dua sebagai satu satunya tempat yang mewakili Sulut di ajang Top 75 Anugerah Desa Wisata 2023.

Hal ini tentu sangat beriringan dengan visi misi Walikota dan Wakil Walikota Tomohon, Caroll Senduk SH dan Wenny Lumentut SE untuk menjadikan Tomohon sebagai Kota Wisata Dunia.

Kadis Pariwisata Tomohon, Judhistira Siwu, SE, M.Si mengatakan, ADWI 2023 diharapkan dapat menggerakkan perekonomian Indonesia. ADWI akan menjadi momentum kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.

“Kegiatan ini dilaksanakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk mencari dan menetapkan adanya kampung wisata untuk ditetapkan sebagai Anugerah Desa Wisata 2023. Ada 7.275 desa/kampung wisata dari seluruh pelosok indonesia yang berjibaku untuk masuk dalam kegiatan ini,” ujarnya.

Lanjutnya, Anugerah Desa Wisata telah dilaksanakan dari 2021 dan dihasilkan melalui proses kurasi dengan tujuan menggerakkan ekonomi melalui sektor pariwisata dari desa, membuka lapangan pekerjaan, mewujudkan pariwisata berkelas dunia. Ada lima Kategori penilaian untuk setiap daerah yakni menjadi daya tarik pengunjung (keunikan dan keaslian alam dan buatan, seni dan budaya, Suvenir (kuliner-kriya-fashion), Homestay dan toilet, Digital dan kreatif
dan Kelembagaan dan desa wisata CSHE.

“Mari kita terus dan doakan agar Kampung Kakaskasen Dua bisa terus maju dalam ajang pemilihan ini,” pungkasnya.(nox)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *