Bupati Minahasa Hadiri Misa Syukur 100 Tahun Gereja Katolik Santa Perawan Maria

Bupati Minahasa saat Hadiri Misa Syukur 100 Tahun Gereja Katolik Santa Perawan Maria

Bupati Minahasa Hadiri Misa Syukur 100 Tahun Gereja Katolik Santa Perawan Maria

Minahasa, Multiverum.com – Bupati Minahasa Dr. Ir. Royke Octavian Roring, MSi, IPU Asean Eng. Menghadiri Misa Syukur 100 Tahun Gereja Katolik Santa Perawan Maria Diangkat Ke Surga dan SD Katolik Sta. Faustina Serta Hari Raya St. Josep Suami Maria Pelindung Paroki Kawangkoan dan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Pastoran Bertempat di Gereja Katolik Stasi Maria Diangkat ke Surga Pinabetengan, Kec.Tompaso Barat.Rabu, 22 Maret 2023

Misa Dipimpin oleh Uskup Manado Mgr. Benediktus Estefanus Rolly Untu, M.Sc menghadiri Misa syukur satu abad (100 tahun) pembaptisan pertama umat Katolik Stasi Santa Maria Diangkat ke Surga Pinabetengan.
Misa syukur tersebut dipimpin oleh didampingi sejumlah imam yang berkarya di wilayah Kevikepan Tondano-Mitra dan Tomohon.

Dalam homilinya, Uskup Rolly Untu memberi pekan penekanan terkait momentum 100 tahun pembaptisan pertama umat Katolik Stasi Pinabetengan dan 100 tahun SD Katolik Pinabetengan.

“Peristiwa pembaptisan umat Katolik Pinabetengan 100 tahun lalu tidak lepas dari peran Roh Kudus. Selanjutnya dengan saya Rohan Tuhan sendiri yang berkarya dalam diri kita, lahirlah karya nyata, salah satunya di bidang pendidikan melalui kehadiran SD Katolik Pinabetengan,” ungkap Uskup Rolly Untu.

Ditambahkan Uskup Rolly Untu, bahwa belajar dari apa yang dialami Yesus saat Ia dibaptis, tertulis dengan jelas di Kita Suci bahwa disana ada peran Roh Kudus sebagai penuntun.

Dalam keseluruhan karya Allah didalam diri Yesus, kuasa roh terus menyertai Yesus sejak dikandung hingga mati di salib.
Demikian juga kata Uskup Rolly Untu Roh Kudus yang sama perjalanan kehidupan 100 tahun umat Katolik Pinabetengan hingga saat ini.

“Karya Tuhan kepada umat Pinabetengan sangat luar biasa. Tentu diharapkan, buah-buah roh yang telah disemai oleh para imam yang melayani sejak 100 tahun lalu dan tokoh umat perdana dapat terus tumbuh dan berbuah terus dan membawa kebaikan bagi banyak orang. Mari kita syukuri atas karya Tuhan ini,” harap Uskup Rolly Untu.

Pada bagian akhir misa syukur tersebut, Bupati Royke Roring membawakan sambutan serta ucapan selamat kepada umat Katolik Pinabetengan.

“Atas nama pribadi, keluarga dan Pemerintah Kabupaten Minahasa, saya dan Wakil Bupati mengucapkan selamat kepada seluruh umat Katolik Stasi Pinabetengan yang merayakan 100 tahun pembaptisan pertama dan 100 tahun berdirinya SD Katolik Pinabetengan,” ucap Bupati Roring.
Ditambahkannya, di tengah-tengah penghayatan Minggu sengsara Yesus Kristus, umat Katolik Stasi Pinabetengan pantas mensyukuri atas perayaan 100 tahun pembaptisan pertama dan 100 tahun berdirinya SD Katolik Pinabetengan.

“Tentu ini adalah momentum yang harus kita syukuri sambil menghayati pengorbanan Yesus di kayu salib. Selamat kepada umat Katolik Pinabetengan yang boleh menggelar perayaan syukur ini,” ujarnya.

Bupati Royke Roring juga menyampaikan terima kasih kepada Uskup Rolly Untu dan seluruh umat Katolik di Minahasa yang terus menopang program pemerintah, khususnya saat masa Pandemi COVID-19.

“Perkenankan juga saya menyampaikan pesan Gubernur Sulut Olly Dondokambey untuk menyikapi potensi masa sulit yang bisa saja terjadi dengan terus mengupayakan ketahanan pangan di wilayah kita masing-masing,” kata Bupati Royke Roring.
Menutup sambutan tersebut, Bupati Royke Roring atas nama Pemkab Minahasa menyatakan kesediaannya membantu panitia pelaksana dalam pembangunan Pastoran atau rumah tinggal untuk para imam yang datang melayani umat di Stasi Pinabetengan.

Usai sambutan, Bupati Royke Roring, Uskup Rolly Untu, yang mewakili Gubernur Sulut, tamu undangan serta para pejabat Pemkab Minahasa beranjak dari gedung gereja untuk melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pastoran

Turut hadir: Mewakili Gubernur Sulut, Kaban Bapenda Prov.Sulut June Silangen, SE.Ak. MM. Kepala Kantor Kemenag Minahasa, Pdt. Dolie Tangian, STh. Kaban BPKAD, Kadis Pertanian, Kadis Kominfo, Kadis Pendidikan, Kadis Sosial, Kabag Kesra, Kabag Kerjasama, Kabag PBJ, Camat Kawangkoan Utara, Camat Tompaso, Camat Tompaso Barat. (AS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *