Dinas PUPR Minahasa Tangani Sampah yang Penuhi Saluran Toubeke Tondano

Penanganan sampah di Toubeke tadi

Dinas PUPR Minahasa Tangani Sampah yang Penuhi Saluran Toubeke Tondano

Minahasa, Multiverum.com – Menindaklanjuti arahan Bupati dan wakil Bupati Minahasa terkait Kota Tondano bersih dari sampah, maka Dinas pelerjaan Umum dan Penata Ruang (PUPR) Kabupaten Minahasa langsung turunkan Excavator untuk mengoptimalkan pembersihan sampah di saluran air yang berada di Toubeke Tondano barat.

Dikatakan Kadis PUPR Minahasa Daudson Rombon, ST pembersihan saluran air yang ada di Daerah Irigasi Tombakar atau aliran sungai Toubeke, karena banyaknya sampah masyarakat. Makanya, untuk melancarkan air yang ada di persawahan Tondano itu, perlu perhatian yang serius.

“Selain arahan bupati untuk pembersihan sampah di saluran tersebut, masyarakat petani yang mengolah di persawahan itu persoalkan karena sawahnya tergenang air, sehingga tidak bisa menanam. Maka dari itu, penanganan sampah di saluran Toubeke harus di optimalkan supaya air mengalir lancar,” kata Kadis kepada sejumlah wartawan, Selasa (27/3/2023)

Kedepan, menurut Rombon, pekerjaan pembersihan saluran air di Toubeke, kita akan ajukan secara keseluruhan. Artinya, rutin setiap bulan dibeberapa titik.

“Sementara ini, untuk penanganan sampah di saluran air Toubeke dikerjakan secara bertahap karena masih banyak saluran disekitar persawahan tersebut belum disentuh, apalagi anggarannya saat ini masih terbatas. Selain itu, akibat sampah yang menghambat jalannya air di saluran, dampaknya air akan naik sampai ke jalan,” bebernya.

Diketahui, berlangsungnya pekerjaan pembersihan saluran air Toubeke, turut dihadiri Sekertaris Daerah (Sekda) Minahasa Dr .Linda.D.Watania, MM, MSi bersama Asisten II Ir Wenny Talumewo, MSi didampingi Kadis PUPR Daudson Rombon, ST dan Camat Tondano barat datang dan memantau langsung penanganan saluran tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *