Pemkab Minahasa – Pemkab Buton Jalin Kerjasama di Bidang Perikanan

Bupati Minahasa saat menerima kedatangan Bupati Buton

Pemkab Minahasa – Pemkab Buton Jalin Kerjasama di Bidang Perikanan

Minahasa, Multiverum.com – Bupati Minahasa Dr. Ir. Royke Oktavian Roring, M.Si. IPU, ASEAN.Eng menerima Kunjungan kerja Bupati Buton Provinsi Sulawesi Tenggara Drs. Basiran di Desa Senduk Kec. Tombariri, Minggu (16/4/23).

kunjungan Bupati Buton didampingi istri Deisy Natalia Rompas, SH, serta Anggota DPRD Kabupaten Buton dan Kadis Kelautan Perikanan Kabupaten Buton.

Bupati Minahasa ROR mengatakan, kunjungan kerja Bupati buton sebagai Implementasi keikutsertaan mereka sebagai Peserta Konferensi Kelautan Dunia di Panama beberapa waktu lalu.

Salah satu topik yg di bicarakan juga terkait penggunaan dana desa. Kabupaten Buton telah menerbitkan peraturan Bupati yang disetujui Kementerian Desa, terkait penggunaan dana desa untuk Nelayan.

“Jadi nantinya, Pemkab Minahasa akan melakukan konsultasi di kementerian desa terkait penggunaan dana desa, agar bisa digunakan oleh nelayan dalam bidang perikanan,”bebernya.

Rencana kedepannya, Pemkab Minahasa akan mengirimkan perwakilan nelayan untuk mengunjungi dan mempelajari pengelolaan perikanan di Kabupaten Buton, begitu juga sebaliknya, untuk membantu dan menambah wawasan para nelayan masing masing daerah.

Bupati, Buton, Sulawesi Tenggara, Drs. Basiran, M.Si dan Bupati Minahasa, Dr. Ir. Royke Octavian Roring, M.Si mewakili Indonesia dalam Konferensi Kelautan bertajuk 8 th Edition Of The Ocean Confrence yang digelar di panama City, Republik Panama, Amerika Tengah, pada 2 hingga 5 Maret 2023 lalu.

Bupati Minahasa dan Bupati Buton juga mengikuti Side Events Panama Convention Center Pemerintah Daerah & Nelayan Skala Kecil yang membahas Kerja Sama Pengelolaan untuk Masyarakat Pesisir.

Untuk diketahui Pemkab Minahasa dan Pemkab Buton akan menjalin kerjasama di bidang perikanan

Turut mendampingi Bupati ROR, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Wenny Talumewo, Kadis PM PTSP Mekry Sondey, Kepala Bappelitbangda Philip Siwi, Kadis PUPR Daudson Rombom, Kadis Damkar John Kapoh, Kadis Kelautan Perikanan Lendy Aruperes, Camat Tombariri David Suluh, Para Hukum Tua se-Kec. Tombariri, dan Kelompok Nelayan.(AS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *