Roy Roring Apresiasi Upaya Lapas Klas IIB Tondano Perangi Narkoba dalam Lapas

Suasana Pencanangan Lapas Bersinar di Lapas Klas II B Tondano

Roy Roring Apresiasi Upaya Lapas Klas IIB Tondano Perangi Narkoba dalam Lapas

Minahasa, Multiverum.com – Bupati Minahasa, Roy Roring mengapresiasi upaya Lapas Klas IIB Tondano dalam memerangi peredaran dan pemakaian narkotika dan obat obat terlarang di dalam lapas tersebut.

“Sudah merupakan tugas pemasyarakatan yaitu mengupayakan agar Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dapat menyadari kesalahannya lalu dapat memperbaiki dirinya, sehingga menjadi insan yang berguna bagi masyarakat dan Negara,” ungkap Roring.

Lanjutnya, kami ucapkan selamat buat prestasi dari Lapas Klas IIB atas prestasinya hingga bisa meraih penghargaan Pencanangan Lapas Bersinar dari Kanwil Kemenkumham Sulut.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Utara, Ronald Lumbuun mengingatkan jajaran agar dapat menghindari timbulnya pemberitaan negatif seperti peredaran gelap narkoba dan penggunaan HP secara ilegal di dalam Lapas, serta menekankan untuk menghindari praktik pungli di dalam Lapas.

Kepala BNNP Sulut, Pitra A. Ratulangi yang hadir mengatakan, hasil urine sebanyak 40 orang adalah Negatif. Apresiasi buat Kalapas Tondano (Yulius Paath) dan dalam penanganan perkara narkoba sudah dilakukan upaya restorative justice untuk mengurangi overcrowded di dalam Lapas.

“Negara hadir tidak hanya untuk memidanakan, namun juga memulihkan kondisi para pecandu, penyalahguna, dan korban penyalahguna Narkotika. Kami mengapresiasi kegiatan Pencanangan Lapas Bersinar di Lapas Klas IIB Tondano sebagai bentuk quick respon dalam implementasi Instruksi Presiden No.2 tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional P4GN (Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika),” ungkapnya.

Pada kesempatan ini juga dilakukan pengukuhan Satgas BERSINAR secara simbolis terhadap 6 (enam) orang pegawai Lapas Klas IIB Tondano, penyematan handbadge.

Adapun Ikrar Satgas Bersinar tersebut yaitu:

  1. Siap memerangi penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba;
  2. Memberikan edukasi kepada sesama tentang bahaya Narkoba;
  3. Menjadi pelopor dalam kegiatan melawan Narkoba.(AS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *