Dibuka Wabup RD, 99 Calon Paskibraka Minahasa Ikuti Tahapan Seleksi

Wakil Bupati Minahasa saat hadir dalam seleksi Paskibraka Minahasa

Dibuka Wabup RD, 99 Calon Paskibraka Minahasa Ikuti Tahapan Seleksi

Minahasa, Multiverum.com – Wakil Bupati Minahasa Dr. Robby Dondokamney, SSi, MM, MAP (RD) membuka seleksi calon Paskibraka Kabupaten Minahasa Tahun 2023 di ruang sidang kantor bupati Tondano, Kamis, (27/4/23).

Dalam sambutannya Wabup RD menyampaikan bahwa dewasa ini, penghayatan dan penghormatan terhadap bendera merah putih semakin pudar dan menipis. Hal ini dapat kita lihat dari tata krama penggunaan sang merah putih yang tidak sesuai dengan jiwa dan nilai – nilai yang terkandung pada bendera kebangsaan sebagai lambang negara republik indonesia. bendera kebangsaan merah putih hanya di buat sebagai pajangan dan hiasan belaka.

Hal ini disebabkan karena sebagian masyarakat kita kurang memahami arti dan makna sang merah putih sebagai bendera kebangsaan indonesia yang di perjuangkan dengan tetesan air mata, darah, dan nyawa dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan negara republik indonesia.

“Untuk itu perlu di lakukan upaya pembinaan bagi seluruh lapisan masyrakat dan komponen bangsa, terutama untuk membangun kembali “pembangunan karakter bangsa “ yang telah mulai pudar pada diri manusia indonesia. Agar pada diri setiap anak bangsa tumbuh dan berkembang sikap cinta tanah air , semangat patriotisme, idealisme, rela berkorban, serta adanya sikap dan perilaku dalam menghargai dan menghormati bendera kebangsaan sang merah putih,” kata RD.

Dilanjutkannya, Pancasila sebagai dasar idiologi negara serta pandangan hidup bangsa yang juga merupakan falsafah. Dalam rangka mengharusutamakan pancasila dalam wadah negara kesatuan republik indonesia yang berbineka tunggal ika. Untuk itu perlu dilakukan pembinaan idiologi pancasila secara terencana menyeluruh, terpadu dan berkelanjutan, salah satu wujud kegiatan yang dilakukan untuk mencapai itu adalah dengan menyelenggarakan program yang berkarakter pancasila untuk penyiapkan calon pemimpin indonesia masa depan.

Program paskibraka di atur dalam peraturan presiden nomor 51 tahun 2022. dengan itu dilaksanakan lah kagiatan seleksi calon pasukan pengibar bendera pusaka (paskibraka), yang pula nantinya mengemban tugas berat dan mulia pada upacara pengibaran dan penurunan duplikat bendera pusaka dalam rangka memepringati kemerdekaan republik indonesia tanggal 17 agustus setiap tahunnya.

“Saya memandang bahwa kegiatan ini mempunyai arti dan peran yang sangat penting dalam upaya mendapatkan calon – calon paskibraka yang memiliki sikap bertanggung jawab, disiplin, rela berkorban, beredikasi tinggi, serta memiliki akhlak mulia dan berkepribadian baik.
Untuk itu saya berharap anak – anak yang hadir di ruangan ini merupakan siswa dan siswi terbaik dari kabupaten minahasa yang telah memiliki kriteria serta memenuhi persyaratan dalam mengikuti seleksi calon paskibraka,” tuturnya.

Dondokamney meminta, agar adik adik peserta mengikuti seluruh rangkaian proses seleksi ini dengan sungguh – sungguh, tampikan seluruh kemampuan yang terbaik. Kegiatan paskibaraka yang dilaksanakan setiap tahun, janganlah dijadikan sebagai kegiatan rutinitas belaka, namun harus ada upaya peningkatan kualitas secara terus menerus, untuk itu perlu kerja keras dan semangat kebersamaan dari seluruh pihak yang terlibat.

“Terlebih kepada panitia dan tim seleksi saya minta dan tegaskan laksanakan tugas dengan baik sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku, serta dengan penuh tanggung jawab, agar kegiatan ini boleh berjalan dengan baik dan sukses sesuai dengan tujuan dan harapkan bersama,” jelas Wabup RD.

Sebelumnya, Kaban Kesbangpol Minahasa Ir. Jani Moniung, menjelaskan maksud dan tujuan kegiatan ini yaitu menanamkan rasa persatuan dan kesatuan serta rasa cinta tanah air dikalangan generasi muda, Menyiapkan calon Pemimpin bangsa yang berjiwa satria, disiplin dan berkarakter Pancasila, Menamamkan dan Patriotisme dan nasionalisme dan Menciptakan Agen Perubahan dalam melestarikan nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Adapun tim seleksi terdiri dari unsur Polres Minahasa, Kodim 1302 Minahasa, Unsur Badan Kesbangpol Minahasa, Unsur Dinas Kesehatan Minahasa dan unsur Purna Paskibraka Minahasa.

Seleksi dilaksanakan menggunakan metode:
a. Tes berbasis Teknologi Informatika
b. Tes Pengamatan Fisik; dan
c. Tes Wawancara.

Hasil Seleksi berbasis Teknologi informatika melalui Laman paskibraka.bpip.go.id yaitu
dari 216 siswa SMA/SMK di Minahasa yang
mendaftar ternyata hanya 99 orang siswa
yang dinyatakan Lulus dan dapat mengikuti
seleksi Lanjutan untuk memenuhi alokasi
Paskibraka Kabupaten Minahasa sebanyak
32 orang siswa.

Seleksi Lanjutan :
a. Seleksi Administrasi
b. Seleksi Kesehatan
c. Seleksi Pembinaan Ideologi Pancasila
d. Seleksi Intelejensia umum
e. Seleksi Kesamaptaan dan PBB
f. Seleksi Kepribadian.

Waktu Pelaksanaan Seleksi selama 4 hari yaitu Kamis, 27April – Rabu, 3 Mei 2023. (AS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *