Kaban BPBD Tomohon : Kaum Perempuan di Daerah Rawan Bakal Dibekali Keahlian Penanganan Bencana

Suasana pelaksanaan Konferensi Pers

Kaban BPBD Tomohon : Kaum Perempuan di Daerah Rawan Bakal Dibekali Keahlian Penanganan Bencana

Tomohon, Multiverum.com – Kepala Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPPD Tomohon), Hengky Supit SSTP mengungkapkan, para kaum perempuan yang ada di Kota Tomohon secara khusus yang berada di daerah rawan bencana, bakal diberikan keahlian penanganan khusus soal bencana.

“Hal ini berhubung adanya lima kelurahan rawan bencana di Kota Tomohon, seperti di Tinoor Satu dan Dua, Rurukan, Tara Tara dan Pangolombian. Alasan bakal dibekalinya para kaum perempuan soal penanganan bencana, berhubung para kaum perempuan yang sering berada di rumah setiap saat berhubung suami atau orang tuanya yang bekerja,” tutur Hengky dalam konferensi pers yang dilaksanakan Bagian Propokim Setda Pemkot Tomohon, Kamis (27/04-2023).

Dijelaskannya, para kaum perempuan ini yang bakal jadi ujung tombak dalam penanganan bencana awal, jika terjadi bencana di daerah tempat tinggalnya, untuk menolong para lansia atau pun penyandang disabilitas yang turut berada di wilayah tersebut.

Selain itu, BPBD Tomohon menanggapi soal keluhan warga masyarakat yang menginginkan penebangan pohon yang dianggap rawan. Untuk mengatasi terjadinya pohon tumbang memang kami dilema, karena kami tak bisa asal melakukan penebangan pohon karena hal tersebut dilindungi undang undang.

“Untuk penanganannya, kami akan turun meninjau lokasi sesuai adanya laporan warga soal pohon yang dianggap rawan, untuk di survei bersama Kepala Kelurahan terkait. Jika memang sudah sangat mengancam kepentingan umum, akan segera dilakukan penebangan,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kasatpol PP Kota Tomohon, Jusak Toar Pandeirot, SSos, Kabid Trantib Satpol PP Kota Tomohon, Geralisya Polii dan Kabag Prokopim Setda Kota Tomohon, Christo Kalumata SSTP.(nox)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *